Wujudkan Geopark Nasional Baru di Jabar, Objek Wisata Stone Garden di KBB Segera Ditata Ulang

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat ( KBB) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menata ulang objek wisata Stone Garden

Wujudkan Geopark Nasional Baru di Jabar, Objek Wisata Stone Garden di KBB Segera Ditata Ulang
Istimewa
Bupati Bandung Barat Aa Umbara saat menghadiri peringatan hari jadi Stone Garden ke-5. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIPATAT - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat ( KBB) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menata ulang objek wisata Stone Garden yang berada di Gunung Masigit, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, pada tahun 2020 mendatang.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, hal tersebut dilakukan agar objek wisata yang memiliki luas lahan sekitar 30 hektare itu nantinya bisa menjadi objek wisata unggulan di KBB.

"Saat ini kami sedang menginventarisir tanah yang berada di kawasan Stone Garden sebelum ditata ulang oleh Pemda KBB maupun Pemrov Jabar," ujarnya saat menghadiri peringatan hari jadi Stone Garden yang ke-5, Minggu (15/9/2019).

Kembangkan Wisata Geopark Ciletuh, Pemprov Jabar Kucurkan 12,6 Miliar Bangun Amfiteater

Pemprov Jabar Bentuk Lembaga Khusus untuk Urus Geopark Ciletuh

Objek Wisata Stone Garden, lanjutnya, memang sudah seharusnya bisa menjadi ikon baru destinasi wisata di KBB, sehingga upaya yang harus dilakukan dengan cara dikembangkan dan ditata ulang.

Umbara mengatakan, dengan kehadiran Pemprov Jabar dalam ikut andil untuk melakukan penataan Stone Garden ini, bisa menjadi spirit tambahan bagi Pemda Bandung Barat.

"Ini bisa menjadi spirit bagi kami dalam mengoptimalkan 10 destinasi wisata, salah satunya Stone Garden agar mendunia" kata Umbara.

Menurut Kepala Disbudpar Jabar, Dedi Taufik, kawasan Stone Garden tidak hanya bisa dikembangkan dalam potensi wisatanya saja, tetapi bisa dioptimalkan terkait kebudayaannya.

"Dalam waktu dekat road mapnya akan segera selesai. Nantinya kami tinggal melakukan inventarisir tanah yang ada," katanya.

Ia mengatakan, Stone Garden telah masuk dalam Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 72 sebagai salah satu Geopark yang akan dikembangkan di Jabar agar menjadi geopark nasional dengan nama Geo Park Rajamandala.

"Tekad Pemda Bandung Barat dalam mengoptimalkan potensi wisata patut diberikan apresiasi lebih karena objek wisata di KBB memiliki potensi ekonomi yang cukup menjanjikan," kata Dedi.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved