Masa Tahanan 2 Tahun Lagi tapi Narapidana di Lapas Jelekong Ini Sekarang Sudah Bebas, Ini Alasannya

Sebanyak 30 orang narapidana Lapas Jelekong, Kabupaten Bandung dapat menghirup udara bebas sebelum waktunya.

Masa Tahanan 2 Tahun Lagi tapi Narapidana di Lapas Jelekong Ini Sekarang Sudah Bebas, Ini Alasannya
Tribunjabar/Mumu Mujahidin
Narapidana Lapas Jelekong yang bebas bersyarat dan cuti bersyarat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, BALEENDAH - Sebanyak 30 orang narapidana Lapas Jelekong, Kabupaten Bandung dapat menghirup udara bebas sebelum waktunya.

Ke-30 narapidana tersebut dapat bebas setelah mengikuti program PB (Pembebasan Bersyarat) dan CB (Cuti Bersyarat, Jumat (13/9/2019).

"Alhamdulillah hari ini yang keluar 30 orang. Di antaranya 7 orang CB dan sisanya 23 orang PB, bahkan ada yang sisa masa tahanannya hingga 2 tahun tapi bisa bebas lebih awal karena berkelakuan baik," kata Kalapas Narkotika Klas IIA Jelekong, Gun Gun Gunawan seusai kegiatan tadi siang.

Gun Gun menuturkan sepanjang Januari 2019 hingga tadi siang, Lapas Jelekong sudah membebaskan sebanyak 455 warga binaan melalui program CB dan PB tersebut. Pihaknya proaktif jemput bola agar para narapidana memahami dan mengikuti program tersebut untuk reintegrasi sosial yang lebih cepat.

"Sesuai dengan revitalisasi pemasyarakatan kita (Lapas Jelekong) itu medium sekuriti jadi harus pembinaan produktivitas. Yang korelasinya kalau dia (narapidana) ikut program pembinaan produktivitas, dia akan menghasilkan kelakuan baik, dan itulah yang mempercepat mereka bebas sebelum waktunya," tuturnya.

Eks Presdir PT Lippo Cikarang Laporkan Anak Buahnya ke Polrestabes Bandung, Pencemaran Nama Baik

Menurutnya program pembinaan ini secara berjenjang dilakukan dari mulai orientasi, kemudian masuk blok sel tahanan. Selanjutnya pihak lapas menjaring narapidana yang sudah memenuhi syarat untuk dilakukan pembinaan.

"Berjenjang dari keagamaannya dulu kalau rajin masuk program masjid DKM, nanti dipilah sesuai dengan minat bakat mereka. Ada yang di bengker (bengkel kerja) atau pertanian, ada juga PKBM. Kita akan terus berupaya seperti itu," katanya.

Gun Gun menambahkan jika dilihat dari grafik Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) jumlah warga binaan yang bebas bersyarat atau bebas sebelum waktunya di Lapas Jelekong ini menjadi jumlah terbanyak dibandingkan lapas lainnya di Jawa Barat.

Aksi Nekat Emak-emak, Keluarkan Anak Kambing dari Perut Ular Piton Raksasa, Tak Ada Rasa Takut

"Saya ucapkan terima kasih banyak kepada petugas yang membidangi itu, terus lembur jemput bola ke blok-blok karena banyak yang tidak tahu cara mengurus CB dan PB ini padahal itu hak mereka," ujarnya.

Gun Gun mengakui jika Lapas Jelekong ini sudah over kapasitas. Dari kapasitas seharusnya 793 narapidana, saat ini Lapas Jelekong sudah dihuni oleh 1.480 narapidana.

"Hampir setengahnya over kapasitas. Berdesakan iya tapi belum tidur bergiliran. Kapasitas kamar 10 orang diisi oleh 20-25 orang," katanya.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved