Pemkab Cirebon Menargetkan Bisa Mendatangkan 2 Juta Wisatawan Tahun Ini

Pemerintah Kabupaten Cirebon, menargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah Kabupaten Cirebon pada 2019 ini sebanyak 2 juta orang.

Pemkab Cirebon Menargetkan Bisa Mendatangkan 2 Juta Wisatawan Tahun Ini
Dok.Tribun Jabar
Ilustrasi: Suasana senja di Setupatok, Kabupaten Cirebon. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon, menargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah Kabupaten Cirebon pada 2019 ini sebanyak 2 juta orang.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, Hartono, mengatakan, target 2 juta wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Cirebon merupakan wisatawan domestik serta asing.

"Wisata di Kabupaten Cirebon harus bersaing dengan wisata regional lainnya," kata Hartono saat ditemui di Ballroom Apita, Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon, Kamis (12/9/2019).

Pemkab Cirebon Sebut Wisata di Pantai Utara Tak Lebih Unggul dari Pantai Selatan

Hartono mengatakan, pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Kabupaten Cirebon sebanyak 58 milyar, berasal dari restoran, hotel‎, dan parkir.

"Itu pada 2018, mudah-mudahan tahun ini meningkat," katanya.

‎Plt Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengatakan, wilayah laut Cirebon berbeda dengan wilayah selatan dan belum mampu bersaing dengan menarik perhatian dengan pantai di selatan Jawa, yakni Pantai Pangandaran.

"Sektor pariwisata alam belum begitu unggul dengan daerah lain,‎ tetapi kalau pariwisata budaya Cirebon masih tetap unggul," kata Imron saat ditemui Ballroom Apita, Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Kamis (12/9/2019).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Menunggu Kemendagri Terkait Pemilihan Sekda dari Non-ASN

Imron, mengatakan, keunggulan Kabupaten Cirebon untuk menunjang bidang pariwisata, salah satunya karena berada di jalur Tol Transjawa dan berdekatan dengan BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan daya saing pariwisata di Kabupaten Cirebon, mengajak seluruh masyarakat untuk sadar wisata, sehingga wisatawan bisa disajikan pula keramahan‎ warga lokal.

"Masyarakat harus sadar wisata, terutama yang berada di sekitar kawasan wisata," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved