Situ Ciburuy Mengering di Musim Kemarau, Warga Sebut Lebih Mirip Lapangan Bola

Dari kejauhan hamparan rumput hijau ditengah situ terlihat jelas, bahkan saking keringnya, saat ini ditengah Situ Ciburuy itu bisa dilintasi sepeda mo

Situ Ciburuy Mengering di Musim Kemarau, Warga Sebut Lebih Mirip Lapangan Bola
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi Situ Ciburuy yang sebagian titiknya tampak seperti lapangan bola. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PADALARANG - Debit air di Situ Ciburuy, Kabupaten Bandung Barat (KBB) surut akibat musim kemarau yang berkepanjangan hingga kondisi danau yang berlokasi di Kecamatan Padalarang itu tampak berbeda dari sebelumnya.

Pantauan Tribun Jabar, Senin (9/9/2019) surutnya air di Situ Ciburuy itu sudah sangat parah, bahkan di tengah danau yang biasanya terendam air, saat ini sudah mengering dan terlihat seperti lapangan sepak bola karena tumbuh rumput hijau.

Dari kejauhan hamparan rumput hijau ditengah situ terlihat jelas, bahkan saking keringnya, saat ini ditengah Situ Ciburuy itu bisa dilintasi sepeda motor karena kondisi tanahnya juga memang sudah kering.

Anggota Forum Masyarakat Cinta Ciburuy (Formacib) Alo (45), mengatakan bahwa menyusutnya debit air di Situ Ciburuy sudah terjadi sejak empat bulan yang lalu, sehingga saat ini air semakin surut.

"Yang di tengah juga saat ini sudah seperti lapangan bola, tumbuh rumput hijau. Kalau sore banyak yang bermain di titik yang sudah tidak airnya itu," ujarnya saat ditemui di Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (9/9/2019).

Aa Umbara Tinjau Situ Ciburuy, Siap Ditata dan Berharap jadi Tujuan Wisata seperti Lembang

Sebelum musim kemarau, lanjut dia, kedalaman Situ Ciburuy bisa mencapai 5 hingga 7 meter, namun setelah terjadi musim kemarau yang berkepanjangan, saat ini kedalamannya hanya mencapai 1 hingga 1,5 meter saja.

"Saat ini kondisinya sudah dangkal selama musim kamarau ini, tapi jadi banyak masyarakat yang penasaran dengan kondisi seperti ini karena memang jarang," katanya.

Warga setempat, Keke (40), mengatakan bahwa debit air Situ Ciburuy memang kerap menyusut setiap musim kemarau, tetapi tidak pernah parah seperti saat ini hingga sebagian titik tampak seperti lapangan.

"Iya setiap kemarau suka surut, tapi sekarang lebih parah, kemarin saja di titik yang surut itu (bagian tengah) bisa dilintasi mobil," katanya.

Selain itu, kata dia, titik yang sudah surut itu juga setiap sore hari kerap dijadikan tempat bermain bagi warga setempat, khususnya anak-anak.

Danau di Situ Ciburuy sendiri memiliki luas sekitar 8 hektare dan saat ini hampir setengahnya sudah mulai mengering, hanya beberapa titik saja yang terlihat masih ada airnya, itupun sudah dangkal.

Aa Umbara Bicara Soal Penataan Situ Ciburuy, Berharap Ada Investor Lain

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved