Hilang Kontak 13 Tahun, Fitriyah ke Arab Saudi Jadi TKW untuk Kurangi Beban Keluarga di Cirebon

Fitriyah (36), tenaga kerja wanita (TKW), asal Kampung Lungbenda, Blok Desa, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, selama 13 tahun hilang kontak den

Hilang Kontak 13 Tahun, Fitriyah ke Arab Saudi Jadi TKW untuk Kurangi Beban Keluarga di Cirebon
istimewa
Fitriyah, TKW asal Cirebon yang hilang kontak. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Fitriyah (36), tenaga kerja wanita (TKW), asal Kampung Lungbenda, Blok Desa, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, selama 13 tahun hilang kontak dengan keluarga.

Diketahui saat ini ia bekerja di Jeddah, Arab Saudi.

Desember 2006, sesudah menyelesaikan pendidikan menengah atas, Fitriyah‎ berangkat ke Arab Saudi oleh perusahaan jasa penyalur tenaga kerja ke luar negeri yang berada di Jakarta, yakni PT Safika Jaya Utama‎.

Sebelum berangkat, kepada kedua orangtuanya, yakni Marka dan Sunia (54), Fitriyah yang merupakan anak ketiga dari empat bersaudara ini berujar, tujuannya ke Arab Saudi‎ adalah untuk meringakan beban ekonomi keluarga.

"Orangtuanya bekerja sebagai petani, uangnya cuma cukup untuk kebutuhan sehari-hari‎," kata sepupu Fitriyah, Nur Halimah (27), melalui pesan singkat, Rabu (4/9/2019).

Kunjungi Keluarga TKW yang Tewas di Yordania, Plt Bupati Cianjur Berpesan Ini kepada Calon TKW

Satu tahun setelah bekerja di Jeddah, yakni pada 2007, Fitriyah mengirimkan uang gaji tersebut kepada orangtuanya, namun melalui majikannya, yakni Mahmud Ibad Althuwairiqi, karena tidak ‎izinkan berkomunikasi langsung dengan keluarga.

Setelah kiriman gaji pertama, kata Nur, keluarga‎ tidak mendapatkan lagi kabar dan hanya bisa memandangi Fitriyah dari lembaran foto sebelum berangkat ke Arab Saudi.

‎"Keluarga yakin Mbak Fitriyah masih hidup," katanya.

‎Marka mengatakan, perginya Fitriyah ke luar negeri, adalah kemauannya sendiri, lantaran Fitriyah ingin membahagiakan kedua orangtuanya dengan cara menjadi TKW, dengan harapan mendapat banyak pundi-pundi rupiah.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved