Unpad Raih Peringkat Tiga Anugerah Widyapadhi dari Kemenristek Dikti

Unpad dinilai memiliki manajemen tata kelola yang sudah mapan untuk menangani berbagai produk inovasi para sivitas akademika.

Istimewa/www.unpad.ac.id
Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE. menerima Anugerah Widyapadhi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI 2019, kelompok universitas/institut subkategori manajemen inovasi. Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Muhammad Dimyati pada malam apresiasi Hakteknas di Gedung Citta Kelangen, ISI Denpasar, Selasa (27/08). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Universitas Padjadjaran (Unpad) meraih peringkat tiga Anugerah Iptek dan Inovasi “Widyapadhi” dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI untuk kelompok universitas/institut subkategori manajemen inovasi.

Unpad dinilai memiliki manajemen tata kelola yang sudah mapan untuk menangani berbagai produk inovasi para sivitas akademika.

Menurut Wakil Rektor Bidang Riset, Kerja Sama, Inovasi, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., Unpad dinilai sudah memiliki suatu ekosistem yang baik dalam manajemen inovasi.

“Tahap-tahap manajemennya sudah jelas. Bukan hanya sekadar ada unit-unit kerjanya, tetapi ekosistemnya sudah terbentuk,” ujar Keri melalui rilis yang diterima, Sabtu (31/8/2019).

Keri menjelaskan, setiap direktorat dan unit kerja dalam ekosistem tersebut memiliki pola kerja yang jelas.

Tahap awalnya, aktivitas riset difasilitasi oleh Direktorat Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Inovasi.

Kemudian, hasil riset tersebut dipotensikan untuk dilakukan hilirisasi. Upaya ini difasilitasi oleh Direktorat Kerja Sama dan Korporasi Akademik untuk dicarikan mitra industrinya.

Setelah ada mitranya, produk riset tersebut dilakukan proses inkubasi lewat Pusat Inkubasi Bisnis/Oorange yang bernaung di bawah Kawasan Sains dan Teknologi (KST) Unpad.

Lewat pola tata kelola tersebut, lanjut Keri, sudah ada sejumlah hasil riset yang digunakan oleh industri dan diproduksi massal.

Taufiqulhadi Anggota Komisi III DPR RI Raih Gelar Doktor New Wars Suriah di Unpad Bandung

Pendaftaran Calon Rektor Unpad Ditutup Kemarin, Ada 11 Bakal Kandidat

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved