Terowongan Air Curug Jompong Sudah 52 Persen, November Ditarget Sudah Beroperasi

Menteri Koordinator Kemaritiman RI mengecek proggres pembangunan Terowongan Air Curug Jompong di Kecamatan Margaasih.

TRIBUN JABAR/MUMU MUJAHIDIN
Sejumlah alat berat seperti backhoe dan loader tampak tengah beroperasi di tebing untuk membangun terowongan air, yang lumayan jauh dari area Curug Jompong di RW 11 Kampung Cipatat, Desa Lagadar, Kecamatan Maragaaaih, Kabupaten Bandung, Selasa (22/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, BOJONGSOANG - Menteri Koordinator Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan melakukan kunjungan kerja ke kawasan DAS Citarum, Kabupaten Bandung, Rabu (28/08/2019).

Selain meninjau normalisasi Sungai Citarum, Menko Maritim mengecek proggres pembangunan Terowongan Air Curug Jompong di Kecamatan Margaasih.

"(Terowongan Curug Jompong) sudah 52 persen kanalnya. Dan November nanti sudah bisa dioperasikan," katanya di sela-sela kunjungan kerjanya di Oxbow Citarum Lama, Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu (28/8/2019).

Hal serupa juga disampaikan Bupati Bandung Dadang M Naser saat mendampingi rombongan Menko Maritim. Menurutnya pembangunan terowongan Curug Jompong sudah berjalan sekitar 60-70 persen.

"Dimana di bulan 11 (November) nanti dikleim sudah selesai," katanya di Bojongsoang tadi siang.

Menurutnya sejauh ini tidak ada hambatan berarti dalam pembangunan terowongan Curug Jompong tersebut. Dirinya berharap pembangunan terowongan ini bisa meminimalisir dampak banjir di tiga kecamatan, yakni Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang.

"Mudah-mudahan nantinya banjir mulai berkurang di Kabupaten Bandung dengan hadirnya Curug Jompong ini (terowongan). Air jadi lambat masuk ke sagulingnya gara-gara ada Curug Jompong," ungkapnya.

Selain itu untuk:menyelesaikan permasalahan banjir pihaknya terus melakukan upaya-upaya lain. Salah satunya dengan pengerukan sedimentasi Sungai Citarum yang dikerjasamakan dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). (mud)

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved