8.774 Mahasiswa Baru UPI Ikuti Mokaku 2019, Serentak Digelar di Lima Kampus

Sebanyak 8.774 mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 mengikuti Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (Mokaku

8.774 Mahasiswa Baru UPI Ikuti Mokaku 2019, Serentak Digelar di Lima Kampus
Tribunjabar/Cipta Permana
Mokaku UPI 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak 8.774 mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 mengikuti Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (Mokaku) Tahun 2019.

Kegiatan rutin tahunan yang bertujuan memberikan pembekalan bagi para mahasiswa baru agar beradaptasi dengan lingkungan kampus tersebut, akan berlangsung selama empat hari, mulai 27-30 Agustus 2019 mendatang.

Selain di Kampus Utama UPI Bumi Siliwangi, penyelenggaraan Mokaku juga serentak digelar di lima kampus daerah, seperti di Kampus Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang.

Rektor UPI, Prof. Dr. H. Rd. Asep Kadarohman MSi mengatakan, kegiatan Mokaku merupakan bagian integral dari rangkaian proses pendidikan di UPI.

Sehingga, selain bertujuan sebagai sarana pengenalan lingkungan kampus UPI tetapi juga, untuk menanamkan landasan pemahaman tentang ke-UPI-an, yang secara bersamaan meletakan pondasi agar para mahasiswa baru memiliki jiwa kebangsaan yang kuat dan semangat belajar yang hebat, dalam menggapai prestasi  sesuai bidang masing-masing.

"Oleh karena itu, ajang ini menjadi sarana mengasah potensi, baik melalui aktivitas belajar yang bersifat akademik maupun yang bersifat nonakademik.

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts Sebut Kedatangan Dhika Bayangkara Ringankan Beban Kiper Lain

Sehingga para mahasiswa baru dapat memperbanyak  kegiatan yang kaya manfaat dan penuh maslahat, serta menjauhkan diri dari hal-hal buruk yang dapat merusak harkat martabat pribadi, keluarga, dan almamater," ujarnya usia membuka kegiatan MOKAKU 2019 di Gedung Gymnasium Kampus UPI Jalan Dr. Setiabudhi Nomor. 229, Kota Bandung, Selasa (27/8/2019).

Asep menuturkan, UPI sebagai The Education University, dalam proses pendidikan yang dikelolanya senantiasa mengedepankan prinsip agar para mahasiswa, sebagai peserta didik, selalu adaptif mengikuti perubahan dan perkembangan yang terjadi sehingga mampu mengembangkan potensi yang dimiliki untuk hidup dan kehidupannya. Era Revolusi Industri 4.0 dan Era Society 5.0 yang ditandai dengan otomatisasi ekonomi dan digitalisasi informasi, telah mendorong segenap sumber daya manusia yang terlibat di dalamnya agar memiliki literasi data/informasi, literasi teknologi, dan literasi manusia.

"Melihat kondisi tersebut, maka para mahasiswa UPI, sebagai calon-calon sumber daya masa depan harus memiliki ketiga hal tersebut. Dengan menguasasi ketiga literasi ini diharapkan semua mahasiswa UPI sanggup untuk mendapatkan, menyeleksi, dan menyampaikan informasi yang baik dan benar secara tepat dan bijaksana sehingga terhindar dari berita-berita hoaks yang menyesatkan," ucapnya.

LIGA 1 PERSIB BANDUNG VS PSS SLEMAN TV Online, Pangeran Biru Tak Boleh Lagi Mudah Kebobolan

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved