Bakteri Microba Jenis MR-08 Diklaim Bisa Jernihkan Air, Hasilnya Bisa Dilihat di Sungai Citarum

Sebanyak 272 jeriken bakteri microba jenis MR-08 ditebar di Oxbow Sungai Citarum Kecamatan Bojongsoang,

Bakteri Microba Jenis MR-08 Diklaim Bisa Jernihkan Air, Hasilnya Bisa Dilihat di Sungai Citarum
Tribunjabar/Mumu Mujahidin
ujicoba penebaran bakteri penjernih air jenis MR-08 di Oxbow Sungai Citarum , Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jumat (23/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, BOJONGSONG - Sebanyak 272 jeriken bakteri microba jenis MR-08 ditebar di Oxbow Sungai Citarum Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jumat (23/8/2019).

Bakteri ini diklaim akan bereaksi menjernihkan air dalam waktu 7 hari kedepan.

General Manager PT Pusaka Argo Pasific Jody Hendra menuturkan fungsi bakteri itu bermacam-macam. Ada yang difungsikan untuk pengolahan limbah, ada juga yang digunakan untuk pengolahan sungai.

"Bakteri yang kami gunakan ini khusus untuk sungai. Sebelumnya kami sudah melakukan riset development di tempat kami bahwa bakteri ini bekerja untuk kapasitas sungai," katanya di lokasi, Jumat (23/8/2019) siang.

Menurutnya selama ini Sungai Citarum sudah terkontaminasi oleh racun-racun yang berasal dari limbah rumah tangga dan industri, yang mengendap menjadi lumpur.

Jatuh Cinta dengan BTS, Luna Maya Gabung Jadi ARMY, Biar Bisa Nonton Paling Depan

Nantinya bakteri ini akan bekerja mengurai nitrit dan nitrat yang beracun sehingga kadar oksigen di air tersebut terpenuhi.

"Target kami air menjadi jernih dan minimal mahluk hidup seperti ikan dan lain sebagainya bisa hidup dan berkembang nantinya. Kami sudah menebar bakteri selama 2 hari ini, masing-masing 136 jeriken per hari jadi total 300 an jeriken," ujarnya.

Jody mengatkan  jumlah bakteri yang ditebar sebanyak 1 persen dari total volume air di Oxbow tersebut. Nantinya bakteri ini akan berkembang selama 3 sampai 6 hari sejak pertama kali ditebar.

"Bakteri ini kan mahluk hidup, jadi agar berkembang lebih cepat harus diberi nutrisi. Nanti dia membelah diri sendiri hingga pangkat 7, dan bekerja mengurai racun-racun yang terkandung di dalam air," ujarnya.

Alfred Riedl Resmi Gantikan Djanur di Persebaya Surabaya

Menurut Jodi bakteri ini bisa digunakan untuk kepentingan penjernihan air irigasi, air sungai pada transportasi sungai, memenuhi kebutuhan air baku, dan keperluan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dengan treatmen terlebih dahulu.

"Apakah bekerja atau tidak, kami akan melakuakan tes dengan alat-alat kami, apakah kadar oksigen chemical dan biologi sesuai dengan aturan LH yang 9 parameter baku mutu air. Kalau bakteri lewat ambang batas kita terus masukan lagi bakterinya," katanya.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved