Pemprov Jabar Siapkan Rp 50 Miliar untuk Beasiswa S1, S2, dan S3, Ini Persyaratannya

Pemprov Jabar menyediakan Rp 50 miliar untuk beasiswa S1, S2, dan S3 "Jabar Future Leader Scholarship",

Pemprov Jabar Siapkan Rp 50 Miliar untuk Beasiswa S1, S2, dan S3, Ini Persyaratannya
TRIBUN JABAR/SYARIF PULLOH ANWARI
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dewi Sartika 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemprov Jabar menyediakan Rp 50 miliar untuk beasiswa S1, S2, dan S3 "Jabar Future Leader Scholarship", bagi para mahasiswa Jawa Barat.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika, mengatakan pihaknya tengah menyusun petunjuk teknis, sedangkan pendaftarannya akan dilakukan secara online.

"Kami akan sediakan pendaftaran lewat website. Segera dibuka. Kami akan informasikan, terus update di antaranya lewat akun instagram @disdikjabar," kata Dewi Sartika di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Kamis (22/8/2019).

Pendaftaran beasiswa ini, katanya, dilakukan pada Agustus 2019. Persyaratan umum yang harus disiapkan pendaftar adalah KK dan KTP sebagai bukti warga Jabar, SKHUN dan nilai rapor kelas 1,2,3 (S1), surat yang menyatakan IPK S1/S2 minimal 3.0 (S1/S2).

Sertifikat prestasi pun bisa dilampirkan jika ada, bersama dengan curriculum vitae, statement of purpose, foto diri terbaru ukuran 3x4, fotokopi PBB rumah yang ditempati, fotokopi tagihan listrik rumah yang ditempati, serta surat keterangan tidak menerima beasiswa lainnya.

Wakil Bupati Garut Janji Bangun SMP di Sukamaju Talegong pada 2020

Beasiswa jalur prestasi akademis S1 (4 tahun), S2 (2 tahun), dan S3 (4 tahun), hanya berlaku untuk yang kuliah di 10 perguruan tinggi terakreditasi A yang telah bekerjasama dengan Pemprov Jabar. Yaitu Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Parahyangan, Universitas Pasundan, Universitas Islam Bandung, Universitas Telkom, dan Universitas Presiden.

Ada juga program beasiswa S1 percepatan akses pemerataan pendidikan tinggi (1 tahun) untuk yang kuliah di 105 universitas di Jawa Barat yang sudah bekerja sama dengan Pemprov Jabar.

Selain program pemerataan pendidikan dan jalur prestasi akademis, ada juga jalur prestasi nonakademis yang hanya untuk jenjang S1 selama 1 tahun, yakni untuk prestasi tahfiz, atlet, seniman, budayawan, dan aktivis.

Ada juga beasiswa untuk mahasiswa ongoing atau yang sedang kuliah berjalan, melalui jalur prestasi akademis dan nonakademis di 105 perguruan tinggi yang sudah bekerja sama dengan Pemprov Jabar dan 10 perguruan tinggi berakreditasi A di Jabar. 

Bayi Dempet Kepala Asal Cianjur, Orangtua Sang Bayi Mengaku Belum Makan dari Kemarin Malam

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved