Mahasiswa Papua di Bandung Gelar Aksi Solidaritas, Kecam Tindakan Rasisme

Puluhan mahasiswa asal Papua menggelar aksi damai untuk penyampaian pendapat di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (22/8/2019)

Mahasiswa Papua di Bandung Gelar Aksi Solidaritas, Kecam Tindakan Rasisme
Tribun Jabar/Haryanto
Mahasiswa asal Papua menggelar aksi damai untuk menyampaikan solidaritas dan mengecam tindakan rasisme di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, pada Kamis (22/8/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Puluhan mahasiswa asal Papua menggelar aksi damai untuk penyampaian pendapat di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (22/8/2019)

Massa aksi tersebut tergabung dalam Ikatan Mahasiswa se-Tanah Papua dan Solidaritas Peduli Kemanusiaan.

Pada unjuk rasa yang digelar, para mahasiswa tampak membawa dan membentangkan sejumlah spanduk dan karton berisikan tentang pengecaman tindakan rasisme.

Koordinator aksi, Kemelek Kosay mengatakan bahwa aksinya itu dilatarbelakangi oleh aksi rasisme yang terjadi kepada mahasiswa Papua di sejumlah wilayah beberapa waktu terakhir.

"Kami mengecam keras kejadian di Surabaya sama Malang, kemudian semakin ke sini hal yang sama masih terus terjadi di Makassar hingga Semarang," ujar Kosay saat ditemui di sela aksi unjuk rasanya.

Kata Presiden Jokowi, Oknum Anggota TNI yang Rasis ke Mahasiswa Papua Harus Ditindak Tegas

Ia menyebut adanya sejumlah oknum aparat keamanan maupun ormas yang telah melakukan rasisme harus dihukum.

Pihaknya menuntut oknum-oknum tersebut harus dicopot jabatannya karena dianggap telah melakukan penindasan.

Dia berharap untuk ke depan tidak ada lagi aksi serupa yang menunjukkan tindakan rasisme terhadap berbagai suku di Indonesia.

"Kami tidak mau seperti ini terus, kami ditipu dan ditindas. Kami siap pulang jika masih mendapat perlakuan rasisme," ujar dia.

Ridwan Kamil Hadiri Rapat Paripurna dan Temui Warga Papua, Berikut Agenda Gubernur Jabar Hari Ini

Menanggapi hal tersebut, di lokasi yang sama, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema mengatakan pihaknya siap mengamankan masyarakat Papua yang ada di Kota Bandung.

Ia mengaku telah berkomunikasi sekaligus berkoordinasi dengan sejumlah tokoh Masyarakat Papua yang ada di wilayahnya.

Dengan demikian Irman menjanjikan keamanan dan kenyamanan terhadap seluruh masyarakat yang tinggal di Kota Bandung, termasuk masyarakat Papua.

"Adapun kami menjaga juga agar stabilitas keamanan di Kota Bandung tetap terjaga dan dukungan sosial antar masyarakat yang saat ini sudah terjalin baik bisa diteruskan," ucap Irman menambahkan.

Kisah Dedi Mulyadi Sekolahkan dan Bina Anak Papua hingga Ciptakan Lagu

Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved