BMKG

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Kekeringan di Jakarta dan Banten, Begini Ulasannya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Klas II Tanggerang Selatan, mengeluarkan peringatan dini kekeringan yang mela

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Kekeringan di Jakarta dan Banten, Begini Ulasannya
TRIBUN JABAR / HARYANTO
Cov bmkg beri penjelasan cuaca ekstrem. 

TRIBUNJABAR.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Klas II Tanggerang Selatan, mengeluarkan peringatan dini kekeringan yang melanda di wilayah DKI Jakarta dan Banten.

Berdasarkan analisis update 20 Agustus 2019 seluruh zona Musim di Banten dan DKI Jakarta telah memasuki musim kemarau.

Diperlukan kewaspadaan terkait ancaman bencana kekeringan.

Hal itu dijelaskan secara analisis data HTH hingga update 20 Agustus 2019 yang menunjukkan sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan Banten mengalami deret hari kering lebih dari 20 hari hingga lebih dari 60 hari.

Sementara itu prakiraan peluang curah hujan pada dasarian III Agustus dan dasaria I September 2019 menunjukkan bahwa beberapa daerah diperkirakan akan mengalami curah hujan sangat rendah (kurang dari 20mm/dasarian) dengan peluang hingga lebih dari 90% pada.

Ramalan Zodiak Hari Ini Kamis 22 Agustus 2019: Virgo Cobaan Terbesar Hari Ini, Scorpio Ubah Suasana

"Kedua kondisi tersebut menjadi indikasi memenuhi syarat untuk dikeluarkan peringatan dini," kata Kepala Stasiun Klimatologi Tangsel Sukasno dalam keterangan yang diterima Tribunjabar.id, Kamis (22/8/2019).

Adapun akibat potensi itu terjadi akan berdampak pada sektor pertanian yang menggunakan sistem tadah hujan di wilayah Banten dan DKI Jakarta.

Berdampak juga pada pengurangan ketersediaan air tanah sehingga menyebabkan kelangkaan air bersih di wilayah Banten dan DKI Jakarta.

Selain itu kekeringan akan berdampak pada meningkatnya polusi udara di wilayah Banten dan DKI Jakarta.

Penyebab Rusuh di Fakfak Dipicu Beda Pendapat Pengibaran Bendera Merah Putih dan Bintang Kejora?

Fakfak Rusuh, Bendera Bintang Kejora Sempat Berkibar Sampai Bupati Sempat Dipaksa Pegang Bendera

Berikut beberapa wilayah dengan peluang prakiraan cuaca curah hujan sangat rendah dan status waspada di antaranya Lebak Kecamatan Cileles, Panggarangan, dan Rangkasbitung, Pandeglang di Mandalawangi, Menes, dan Tangerang di Kecamatan Cisoka.

Halaman
12
Editor: Hilda Rubiah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved