Masih 24 tahun, Bidan Alfiatun Khasanah Dilantik Jadi Anggota DPRD Kabupaten Banyumas

Seorang bidan bernama Alfiatun Khasanah menjadi anggota termuda DPRD Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah periode 2019-2024.

Masih 24 tahun, Bidan Alfiatun Khasanah Dilantik Jadi Anggota DPRD Kabupaten Banyumas
KOMPAS.com/FADLAN MUKHTAR ZAIN
Alfiatun Khasanah, anggota DPRD Banyumas, Jawa Tengah, yang merupakan anggota DPRD termuda. Afiatun baru berusia 24 tahun dan berprofesi sebagai bidan. 

TRIBUNJABAR.ID, PURWOKERTO- Seorang bidan bernama Alfiatun Khasanah menjadi anggota termuda DPRD Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah periode 2019-2024.

Bersama 49 anggota lain DPRD Kabupaten Banyumas, Alfiatun Khasanah resmi dilantik pada Selasa (20/8/2019).

Usianya yang terbilang muda, baru masuk 24 tahun, Alfiatun Khasanah paling menyedot perhatian publik di antara 50 anggota DPRD Kabupaten Banyumas yang baru dilantik

Alfiatun mengatakan awalnya memutuskan maju dalam kontestasi Pilkada 2019 karena ingin mengubah paradigma generasi muda terhadap dunia politik.

Menurut, Alfiatun Khasanah, sebagian besar generasi milenial enggan terlibat dalam dunia politik.

"Untuk anak muda, jangan takut berpolitik, mungkin menurut kalangan anak muda politik itu serem," kata anggota DPRD dari Partai Gerindra ini seusai pelantikan di gedung DPRD Banyumas di Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa.

Tersangkut Kasus Narkoba, Seorang Anggota DPRD Makassar Diamankan Polisi

Seorang ASN Interupsi, Ungkap Rapat Paripurna di Kabupaten Cirebon Selalu Molor, Ini Kata Ketua DPRD

"Padahal dengan berpolitik kita bisa ikut menentukan kebijakan pemerintah. Tanpa kita sadari, harga bahan pokok, tarif listrik dan lainnya tidak terlepas dari proses politik," kata Alfiatun Khasanah.

Sebelum terjun ke dunia politik, warga Desa Pasir Kulon Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, ini berprofesi sebagai bidan.

Alfiatun juga cukup lama berkecimpung dalam dunia kecantikan.

"Dengan jadi anggota dewan saya bisa lebih sering bersentuhan, berkomunikasi dengan masyarakat. Bisa menambah saudara, menambah teman," ujar Alfiatun.

Sebagai generasi milenial, Alfiatun Khasanah mengatakan akan berupaya memperjuangkan persoalan yang dihadapi para generasi muda. Dia memandang masih banyak generasi muda yang belum mendapatkan pekerjaan.

"Saya akan menjalankan semaksimal mungkin sesuai dengan tupoksi anggota dewan. Mungkin sekarang banyak sekali generasi milenial yang masih pengangguran, saya akan berusaha menjembatani atau menjadi penyambung lidah," kata Alfiatun.

Alfiatun mengaku berhasil menduduki kursi DPRD untuk kali pertama ini berkat dukungan banyak pihak, termasuk para generasi muda. Selain itu, dukungan dan doa orang tua juga selalu mengiringi langkahnya.

Penulis : Kontributor Banyumas, Fadlan Mukhtar Zain

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bidan 24 Tahun di Banyumas Jadi Anggota DPRD Termuda, Ini Pesannya untuk Milenial"

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved