BREAKING NEWS , Berpotensi Erupsi, PVMBG Hari Ini Naikkan Status Gunung Slamet jadi Waspada

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status Gunung Slamet, Jawa Tengah menjadi level II atau Waspada

BREAKING NEWS , Berpotensi Erupsi, PVMBG Hari Ini Naikkan Status Gunung Slamet jadi Waspada
tribunjabar/haryanto
Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani saat di Kantor PVMBG, Jalan Dipenogoro, Bandung pada Jumat (9/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status Gunung Slamet, Jawa Tengah menjadi level II atau Waspada.

Kenaikan status waspada itu terhitung sejak hari ini, Jumat (9/8/2019) pukul 09.00 WIB.

Kepala PVMBG, Kasbani menjelaskan bahwa peningkatan level dari normal ke waspada itu karena ada peningkatan aktivitas secara kegempaan dan deformasi.

"Aktivitas itu terjadi cukup siginifikan, namun secara visual belum teramati adanya gejala erupsi. Potensi erupsi bisa terjadi sewaktu-waktu," kata Kasbani saat konferensi pers yang digelar di Kantor PVMBG, Jalan Dipenogoro, Bandung.

Respons Ariel Noah Saat Ditanya Soal Ketidakhadiran Uki, Sempat Tersenyum, Lalu Beri Jawaban Begini

Adapun potensi bahaya yang akan terjadi dari gunung yang masuk di lima wilayah kabupaten di Jateng, Kabupaten Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal, dan Purbalingga.

Gunung Slamet meletus mengeluarkan asap hitam bercampur uap air pada Kamis (13/33/2014) sekitar pukul 07.00 WIB.
Gunung Slamet meletus mengeluarkan asap hitam bercampur uap air pada Kamis (13/33/2014) sekitar pukul 07.00 WIB. (KOMPAS.com/Ari Himawan Sarono)

Potensi ancaman bahaya gunung dengan ketinggian 3432 mdpl itu ialah erupsi magmatik yang menghasilkan lontaran material pijat.

Kasbani menyebut materialnya itu bisa melanda daerah di sekitar puncak pada radius dua kilometer dari pusat kawah.

"Atau juga erupsi freatik dan hujan abu di sekitar kawah yang berpotensi terjadi tanpa ada gelaja vulkanik yang jelas," ucapnya.

PDIP Persilakan Ahok Menata Dulu Kehidupannya, Kalau Urusan Politik Nanti Saja

Dengan ditingkatkannya menjadi level II, PVMBG merekomendasikan agar masyarakat, baik pendaki atau wisatawan untuk tidak beraktivitas dalam radius dua kilometer dari kawan puncak Gunung Slamet.

Selain itu Kasbani mengharapkan pemerintah daerah dan BPBD setempat tetap berkoordinasi dengan pos PGA Slamet atau PVBMG.

"Kami imbau juga masyarakat agar bisa tetap tenang dan mengikuti informasi yang benar, khususnya dari PVBMG dan arahan pemerintah daerahnya," ujar dia menambahkan.

Magelang Mencekam, Bentrok Debt Collector vs Rombongan Pemotor, Polisi dan TNI Kewalahan

Illustrasi seismograf. Seorang warga melihat Seismograf atau alat pengukur kegempaan di Pos Pengamatan Gunung Slamet di Desa Gambuhan, Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (8/8/2014).
Illustrasi seismograf. Seorang warga melihat Seismograf atau alat pengukur kegempaan di Pos Pengamatan Gunung Slamet di Desa Gambuhan, Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (8/8/2014). (KOMPAS.COM / ARI HIMAWAN SARONO)
Penulis: Haryanto
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved