TribunWiki

Catatan Sejarah 1 Agustus, Lahirnya KH Ahmad Dahlan Sang Pencerah, Begini Jasa dan Perjuangannya

Catatan Sejarah 1 Agustus Lahirnya K H Ahmad Dahlan Sang Pencerah,Perjuangan KH Ahmad Dahlan pernah dituduh sebagai kyai palsu

Catatan Sejarah 1 Agustus, Lahirnya KH Ahmad Dahlan Sang Pencerah, Begini Jasa dan Perjuangannya
Istimewa via www.dakwahalummah.com.
KH Ahmad Dahlan. 

TRIBUNJABAR.ID - Tanggal 1 Agustus bisa disebut merupakan tanggal bersejarah bagi Indonesia. Bagaimana tidak, di tanggal itu, lahir sosok bernama Muhammad Darwisy.

Muhammad Darwisy atau lebih dikenal KH Ahmad Dahlan, adalah seorang tokoh pendidikan yang berjasa di Indonesia. Ia lahir di Yogyakarta pada 1 Agustus 1868 silam.

Tentu saja, rekam jejak KH Ahmad Dahlan patut menjadi teladan dan pengingat bagi para pelajar dan pemuda Indonesia generasi saat ini.

Pasalnya penggagas Muhammadiyah ini merupakan sosok yang sudah melanglangbuana sebagai 'sang pencerah'.

Sejarah mencatat, KH Ahmad Dahlan adalah tokoh besar yang merupakan salah satu penggagas pergerakkan umat islam di Indonesia.

Ia juga telah dikenal sebagai pahlawan kemerdekaan nasional karena jasa-jasanya dalam membangkitkan kesadaran bangsa Indonesia melalui pembaharuan pendidikan pemikiran umat Islam.

Sejarah Letusan Gunung Tangkuban Perahu, Pernah Meletus 11 Kali dalam Satu Tahun

Saat masa kolonial Belanda, KH Ahmad Dahlan disebut sebagai pelopor kebangkitan kesadaran umat Islam.

Kemudian, KH Ahmad Dahlan juga mendirikan organisasi Muhammadiyah sebagai pergerakkan yang memberikan pendidikan ajaran Islam kepada para pemuda Indoneisa.

Selain membangkitkan kesadaran akan pendidikan, KH Ahmad Dahlan juga mempelopori ekonomi masyarakat dengan membuat amal usaha sosial.

Ia juga mempelopori kebangkitan kaum wanita Indonesia di masa penjajahan untuk sama-sama memperjuangkan hak mendapatkan pendidikan.

Halaman
1234
Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved