Operasi Pemisahan Kembar Siam Rahman & Rahim Butuh Rp 1 Miliar, Pemkot Bekasi Tanggung Biayanya

Pemkot Bekasi menanggung biaya operasi pemisahan dan perawatan bayi kembar siam Rahman dan Rahim.

Operasi Pemisahan Kembar Siam Rahman & Rahim Butuh Rp 1 Miliar, Pemkot Bekasi Tanggung Biayanya
Kompas.com/Dean Pahrevi
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat menggendong bayi kembar siam bernama Ahmad Rahman Al Ayyubi dan Ahmad Rahim Al Ayyubi di Bintara Jaya, Kota Bekasi, Rabu (31/7/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, BEKASI - Operasi pemisahan bayi kembar siam asal Bekasi, Ahmad Rahman Al Ayyubi dan Ahmad Rahim Al Ayyubi, membutuhkan biaya Rp 1 miliar.

Pemkot Bekasi akan menjamin semua biaya perawatan dan operasi pemisahan Ahmad Rahman Al Ayyubi dan Ahmad Rahim Al Ayyubi.

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Rahmat mengatakan, seluruh biaya operasi akan ditanggung oleh fasilitas Kartu Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS NIK) yang merupakan program Pemerintah Kota Bekasi.

"Sejak lahir sesar ini menggunakan Kartu Sehat, KS kan ditanggung (pemerintah)," kata Rahmat usai menjenguk Rahman dan Rahim di kediamannya, Bintara Jaya, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Rabu (31/7/2019).

Rahmat menambahkan, pihaknya akan terus mendampingi proses pemeriksaan hingga operasi bayi kembar siam anak pasangan suami-istri Romi Darma Rachim (35) dan Ika Mutia Sari (30) itu di RS Bunda dan Anak Harapan Kita, Jakarta Barat.

"Mudah-mudahan tim medis dari RS Harapan Kita dengan tim medis RSUD (Kota Bekasi) akan melakukan upaya-upaya pemisahan (operasi). Kami minta untuk segera karena bayi ini aktif sekali," ujar Rahmat.

Romi, ayah dari bayi kembar siam mengatakan, ia dan istrinya bersyukur semua biaya pemeriksaan dan operasi pemisahan tubuh ditanggung oleh Pemkot Bekasi.

"Dari masih kontrol sampai lahiran pakai KS. Nanti operasi juga pakai KS makanya Alhamdulillah banget. Semoga semuanya dipermudah dan operasinya sukses nanti," ujar Romi.

Sebelumnyanya, bayi kembar siam dari pasangan Romi dan Ika lahir secara sesar pada 24 September 2018 di RS Bunda dan Anak Harapan Kita, Jakarta Barat.

Romi dan Ika baru mengetahui bayinya akan terlahir kembar siam saat usia kandungan empat bulan.

Adapun biaya operasi pemisahan tubuh diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wali Kota Bekasi Jamin Biaya Operasi Bayi Kembar Siam Rahman dan Rahim".

Editor: taufik ismail
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved