Dijanjikan Main Sinetron, 25 Warga Kediri Tertipu Casting 'Sajadah Cinta', Merugi Hingga Rp 40 Juta

Impian puluhan warga Kediri, Jawa Timur, untuk membintangi sinetron pupus setelah mengetahui pihak yang menjanjikan casting sinetron adalah penipu.

Dijanjikan Main Sinetron, 25 Warga Kediri Tertipu Casting 'Sajadah Cinta', Merugi Hingga Rp 40 Juta
KOMPAS.com/M.AGUS FAUZUL HAKIM
Tersangka penipuan casting syuting sinetron Sajadah Cinta palsu, Robby, saat dihadirkan dalam ekspos kasus di Mapolres Kediri Kota, Jawa Timur, Senin (29/7/2019). Sebanyak 25 warga Kediri menjadi korban penipuan casting syuting sinetron palsu ini. 

TRIBUNJABAR.ID, KEDIRI - Impian puluhan warga Kediri, Jawa Timur, untuk membintangi sinetron pupus setelah mengetahui pihak yang menjanjikan casting sinetron adalah penipu.

Diiming-imingi tampil di stasiun televisi nasional, sebanyak 25 calon artis itu malah disuruh membayar sejumlah uang.

Pelaku bernama Robby Sudarsono (52) alias Bang Jay, menjanjikan mereka dapat tampil di sinetron berjudul 'Sajadah Cinta' dengan membayar biaya casting antara Rp 1,5 juta sampai Rp 40 juta.

Namun setelah lolos casting dan bahkan beberapa kali ikut syuting yang berlangsung di wilayah Kediri itu, sinetron yang dijanjikan akan tayang paling lambat 17 Juli 2019 di stasiun Trans7 dan ANTV itu tidak kunjung muncul di layar kaca.

"Anak saya habis sekitar Rp 20 juta," ujar Nyonya Kris, seorang orang tua calon artis saat gelar perkara di Mapolres Kediri Kota, Senin (29/7/2019).

Seorang PNS di Majalengka Tertipu Investasi Bodong, Ini Modusnya

Hingga kemudian para calon artis itu merasa curiga telah menjadi korban penipuan, lalu melaporkannya kepada pihak berwajib.

Kepala Polres Kediri Kota Ajun Komisaris Besar Anton Haryadi mengatakan, dari serangkaian penyelidikan dan penyidikan pihaknya kemudian menangkap Robby Sudarsono (52) alias Bang Jay warga Bekasi.

"Yang bersangkutan mengaku sutradara dari PT JAS Production untuk sinetron yang ternyata tidak ada itu," ujar Anton Haryadi.

Latar belakang tersangka Robby Sudarsono tersebut, Anton melanjutkan, merupakan seorang kru film yang berperan sebagai penghubung atau LO artis di Ibukota.

Pensiunan PNS Magelang Ingin Nyaleg tapi Tak Punya Uang, Akhirnya Menipu dengan Modus Masuk PNS

Mengaku kerja sama dengan Trans7

Modus yang dilakukan tersangka, Anton menambahkan, yaitu tersangka mengaku bekerja sama dengan Trans7 melakukan rekruitmen calon artis untuk sinetron tersebut.

Tersangka yang merupakan warga Bekasi itu, melakukan rekruitmen itu seorang diri dan juga bekerjasama dengan sebuah agen modelling yang ada di Kediri.

"Total kerugian mencapai Rp 280 juta," lanjut Anton Haryadi.

Tingkah Aneh dan Lucu Jamaah Haji Indonesia, Beli Tasbih Seharga Rp 7 Juta sampai Korban Penipuan

Atas kasus itu, tersangka dijerat dengan pasal 378 juncto 372 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman pidana penjara 4 tahun.

Selain tersangka, penyidik juga mengamankan berbagai barang bukti mulai dari merchandise sinetron Sajadah Cinta hingga peralatan syuting. (Kompas.com/M Agus Fauzul Hakim)

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved