Narkoba

VIDEO-Peredaran Narkoba Makin Masif, Wilayah Jawa Barat Sangat Rentan Terhadap Masalah Narkoba

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat menggelar pemusnahan ratusan kilogram narkotika dari berbagai jenis di...

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat menggelar pemusnahan ratusan kilogram narkotika dari berbagai jenis di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (15/7/2019).

Pemusnahan tersebut dalam rangka peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2019. Setelah melakukan pemusnahan barang bukti narkotika, Kepala BNNP Jabar Brigjen Pol Sufyan Syarif mengatakan bahwa peredaran narkotika saat ini dilakukan secara masif.

"Peredaran narkotika saat ini dilakukan secara masif, maka kita juga harus melakukan upaya pencegahan secara masif. Tidak boleh lagi main-main dalam pencegahan. Dimulai dari lingkungan kecil seperti rumah, keluarga, sahabat, dan teman, hal ini sangat efektif memerangi narkoba," kata Brigjen Pol Sufyan Syarif, Senin (15/7/2019).

Kepala BNNP Jabar juga menjelaskan bahwa wilayah Jawa Barat sangat rentan terhadap masalah narkoba. Hal tersebut dikarenakan wilayah dan jumlah penduduk yang cukup besar.

Masalah narkotika dijelaskannya, bukan lagi hanya masalah Jawa Barat, tapi sudah menjadi masalah dunia Internasional. Program desa bersih dari narkoba juga sudah diterapkan, dan semua elemen masyarakat harus terlibat dalam upaya pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Di desa sekarang, TNI, Polri, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Puskesmas, sudah berperan dalam pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba," katanya.

Pemusnahan narkotika jenis sabu-sabu dan ganja yang dilakukan, ialah barang bukti hasil pengungkapan BNNP Jabar dan Polda Jabar periode April hingga Juli 2019.

"Total barang bukti yang dimusnahkan ialah ganja seberat 240 kilogram dan sabu-sabu seberat 3,5 kilogram. Rincian dan tersangkanya ialah, tersangka RA dan MS barang buktinya 70 kilogram ganja, CN seorang warga negara Afrika selatan dengan barang bukti 1.500 gram sabu-sabu, ID warga negara Indonesia memiliki barang bukti ganja seberat 170 kilogram, dam tersangka WB yang membawa 2.080 gram sabu-sabu," katanya.

Berhasilnya jajaran BNNP Jabar dan Polda Jabar menggagalkan peredaran gelap narkotila tersebut, maka sebanyak 1.461.000 warga Jawa Barat diselamatkan dari bahaya penyalahgunaan narkotika.

Pemusnahan narkotika tersebut dipimpin oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat dari TNI, Polri, Kakanwil Kemenkumham Jabar, Kakanwil Bea dan Cukai Jabar, Wakapolda Jabar dan dari instansi lainnya. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul BNNP Jabar Musnahkan 240 Kg Ganja dan 3,5 Kg Sabu-Sabu, Peredaran Narkoba Makin Masif, https://jabar.tribunnews.com/2019/07/15/bnnp-jabar-musnahkan-240-kg-ganja-dan-35-kg-sabu-sabu-peredaran-narkoba-makin-masif.
Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Ichsan
Video Production: Dicky Fadiar Djuhud
Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved