Lulus Magister ITB, Pria Ini Sukses Jadi Perajin Kayu, Radio Vintage dan Lain-lain Dijual Mahal

Tak hanya radio vintage yang dilengkapi dengan flashdisk dan bluetooth player, Wardi juga bisa membuat gramophone dari kayu yang dikemas dengan bentuk

Lulus Magister ITB, Pria Ini Sukses Jadi Perajin Kayu, Radio Vintage dan Lain-lain Dijual Mahal
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Howardi Tjandrasa (55) saat menunjukan hasil kreatifitasnya membuat kerajinan kayu. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Kreativitas Howardi Tjandrasa (55) dalam membuat kerajinan berbahan kayu tak bisa diragukan lagi, lulusan S2 Teknik Industri ITB ini bisa membuat kerajinan kayu tersebut hingga berdaya jual tinggi.

Limbah kayu palet yang biasanya dibuang atau dijadikan kayu bakar, di tangan pria yang akrab disapa Wardi ini, bisa disulap menjadi radio vintage dan barang estetik lainnya.

Tak hanya radio vintage yang dilengkapi dengan flashdisk dan bluetooth player, Wardi juga bisa membuat gramophone dari kayu yang dikemas dengan bentuk jadul.

Warga Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi ini, juga menjual produk-produk unik lainnya semisal tempat roti dari kayu, catur tiga dimensi, pohon natal, tatakan gelas, sarang burung, dan lain-lain.

Ia juga mengaku pada awal masa menjalani bisnis ini, tidak lancar.

"Namun pada tahun pertama, tidak ada penjualan, tapi saya terus berusaha membuat terus dan hasilnya harus lebih rapi. Lalu saya mulai berani mengiklan di Instagram," ujar Wardi saat ditemui di kediamannya beberapa waktu lalu.

Say I Love You, Faozan Rizal: Film yang Menginspirasi Ekonomi Kreatif di Kalangan Milenial

Kerajinan karya Howardi Tjandrasa
Kerajinan karya Howardi Tjandrasa (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Wardi menceritakan, ia mengawali bisnisnya dengan menjadi seorang produsen furnitur dan interior berbahan dasar kayu tersebut.

Namun, tiga tahun terakhir ia mulai membuat produk-produk yang unik.

Kemudian ia pun terus mengeksplorasi gagasan dan menambah referensi dengan melihat berbagai produk kayu yang unik dari Jepang dan Taiwan dengan melihat keunikan dan standar kerapihannya.

Halaman
12
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved