Kisah Sukses Pengusaha Sepatu Footstep, Karyakan Pengrajin Lokal, Manfaatkan Media Sosial

Tak hanya sebagai alas kaki, tingginya minat untuk mengoleksi berbagai jenis sepatu membuat bisnis sepatu pun

Kisah Sukses Pengusaha Sepatu Footstep, Karyakan Pengrajin Lokal, Manfaatkan Media Sosial
Tribun Jabar/Putri Puspita Nilawati
Muhammad Randy Oktaviano (32) founder brand Footstep Footwear. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tak hanya sebagai alas kaki, tingginya minat untuk mengoleksi berbagai jenis sepatu membuat bisnis sepatu pun semakin berkembang.

Bermula dari senang mengoleksi sepatu sneakers membuat Muhammad Randy Oktaviano (32) akhirnya terjun di dunia bisnis sepatu yang kini dikenal dengan produk Footstep Footwear.

Footstep Footwear telah berjalan sejak 2015 dan terus berkembang hingga saat ini. Randy mengatakan, Ia hanya memanfaatkan media sosial yang ada untuk penjualannya karena saat itu Ia tidak mampu menyewa sebuah toko.

Ditemui Tribun Jabar di kantor sekaligus toko Footstep Footwear, Jalan Soekarno Hatta No 590, Ruko MTC Blok D65, Kota Bandung, Randy menceritakan proses usaha sepatunya ini bisa berjalan dan bertahan.

"Mulanya saya hanya memiliki modal Rp 3 juta lalu membuat 40 sepatu dan saya jual di forum jual beli Kaskus. Sejak awal peminatnya sudah tinggi karena yang memesan justru mencapai 100 unit," ujar Randy, Minggu (14/7/2019).

Saat menerima pesanan melebihi kapasitas, Randy justru merasa panik karena produksi sepatu bisa memakan waktu hingga satu bulan sedangkan beberapa pelanggan tak sabar untuk minta barang untuk selesai.

Setelah lulus kuliah pada 2011, pengusaha yang awalnya mengambil pendidikan jurusan hukum ini justru meninggalkan bisnis sepatunya dan bekerja di bank swasta.

"Selama bekerja disana saya enggak nemu passionnya. Akhirnya bertahan selama dua tahun, lalu keluar. Kemudian saya mencoba jadi reseller barang seperti jam tangan, baju, atau titipan barang teman," ujarnya.

Buka Outlet ke-32 di Bandung, Master Piece Hadirkan Karaoke Mewah & Software Canggih Terkini

Setelah berjalan menjadi reseller, Randy akhirnya mendapatkan titik temu dalam hidupnya. Ia menemukan passion tertarik akan bisnis.

Halaman
12
Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved