Monumen Pesawat F-5 Tiger "Sang Macan" Kini Hadir di Taman Lalu Lintas Bandung

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution Kota Bandung memiliki objek wisata baru yaitu Monumen Pesawat F-5 Tiger

Monumen Pesawat F-5 Tiger
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution Kota Bandung memiliki objek wisata baru, Monumen Pesawat F-5 Tiger yang diresmikan Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna, Jumat (5/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution Kota Bandung memiliki objek wisata baru yaitu Monumen Pesawat F-5 Tiger yang baru diresmikan Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna, Jumat (5/7/2019).

Satu unit pesawat tempur F-5 Tiger yang sudah purna tugas kini dijadikan monumen pesawat di Taman Lalu Lintas Bandung Ade Irma Suryani Nasution.

Sebelumnya di taman tersebut, pada tahun 1982 telah dibangun monumen Pesawat BT-13 Harvard hibah dari TNI AU karena kondisinya yang sudah tidak layak terbang, namun kemudian pesawat tersebut ditarik ke Lanud Husein Sastranegara Bandung.

Marsekal Yuyu Sutisna menharapkan keberadaan monumen Pesawat F-5 Tiger di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution bisa menjadi bahan pembelajaran bagi anak-anak yang berkunjung ke tempat wisata yang berdiri sejak tahun 1958.

"Saya menginginkan pesawat ini terus berkiprah menjadi pengisi sejarah kemudian memberikan pembelajaran kepada generasi muda," ujar Marsekal Yuyu saat memberikan sambutan di Taman Lalu Lintas, Jumat (5/7/2019).

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution Kota Bandung memiliki objek wisata baru, Monumen Pesawat F-5 Tiger yang diresmikan Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna, Jumat (5/7/2019).
Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution Kota Bandung memiliki objek wisata baru, Monumen Pesawat F-5 Tiger yang diresmikan Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna, Jumat (5/7/2019). (Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari)

Pesawat F-5 Tiger yang dijuluki Sang Macan didatangkan pada tahun 1980 dan memiliki nilai sejarah.

Ketika itu, Sang Macan merupakan pesawat pertama yang baru dibeli Indonesia dengan kondisi baru dan sudah dilibatkan dalam sejumlah operasi menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI di antaranya Operasi Panah di wilayah Aceh tahun 1990 hingga 1992, Operasi Elang Sakti XII (Operasi Pengamanan Perbatasan NTT tahun 1999), Operasi Garuda Jaya, Operasi Pengamatan Udara Perbatasan Berkelanjutan, Operasi Oscar (Pengamanan Wilayah Perairan Mencegah Penyelundupan Lewat Jalur Laut).

VIDEO Ramainya Taman Lalu Lintas Saat Lebaran

Serunya Wisata Murah Meriah di Taman Lalu Lintas Bandung, Ramai Pengunjung

Ketua Yayasan Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, Yul Nazarudin mengatakan adanya monumen Pesawat F-5 Tiger ini menjadi wahana pembalajaran bagi anak-anak yang berkunjung ke Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution.

"Taman lalu lintas ini berdiri sejak tahun 1958, mempunyai tiga fungsi utama yaitu sebagai taman pendidikan keselamatan berlalu lintas, sebagai taman lingkungan hidup dan sebagai taman rekreasi edukasi bagi anak-anak," ujar Yul.

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved