Jalur Bandung - BIJB Sekarang Ini Ada 2 Rute, Dirlantas Polda Jabar Tanggapi Begini

Ditlantas Polda Jabar turut memantau migrasi kendaraan menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) pascapemindahan rute penerbangan

Jalur Bandung - BIJB Sekarang Ini Ada 2 Rute, Dirlantas Polda Jabar Tanggapi Begini
Ilustrasi: Infografis Rute Damri ke Kertajati 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar turut memantau migrasi kendaraan menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) pascapemindahan rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung sejak Senin (1/7/2019).

"Baru berjalan satu hari kan, kami turut memantau pergerakan lalu lintasnya. Sejauh ini belum bisa diambil kesimpulan," ujar Direktur Ditlantas Polda Jabar, Kombes M Aris via ponselnya, Selasa (2/7).

Ia mengatakan, dari Bandung dan sekitarnya, ada dua rute menuju BIJB. Lewat arteri Jatinangor, Cadas Pangeran Sumedang kemudian masuk Majalengka. Kemudian ada rute lain yakni via Tol Cipularang kemudian masuk Tol Cipali.

"Kedua rute itu bisa digunakan masyarakat yang hendak ke BIJB. Bedanya jika lewat jalur arteri Sumedang memang lebih dekat tapi ada hambatan seperti lewati pasar, tempat keramaian dan sebagainya. ‎Via jalur tol lebih memutar namun sejauh ini masih lancar," ujar Aris.

Penumpang Keluhkan Rute Transportasi dari BIJB Kertajati yang Belum Lengkap

Sebenarnya, jika Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) sudah rampung dibangun, dipastikan jadi jalur paling dekat untuk mengakses BIJB.

Hanya saja, seperti diketahui, Tol Cisumdawu belum rampung dibangun.

"Kalau Tol Cisumdawu sudah rampung dibangun tentu saja akan memperpendek jarak dan waktu menuju BIJB dari Bandung dan sekitarnya," ujar Aris.

City Trans Utama Dukung Pengalihan Rute Penerbangan dari Husein Sastranegara ke BIJB

Hal senada dikatakan pengguna BIJB asal Bandung yang hendak ke BIJB, Andriani (36). Saat dihubungi via ponselnya, ia sedang berada di perjalanan menuju BIJB via tol.

"Sedang di tol mau ke BIJB. Sejauh ini lancar tapi memang rutenya memutar. Kalau lewat jalur arteri mah kejauhan, tepatnya takut kena macet," ujar ‎Andriani.

Ini 5 Fakta Terbaru Pengalihan Rute Penerbangan dari Bandara Husein Menuju BIJB Kertajati

Ia berharap Tol Cisumdawu bisa segera dibangun. Kata dia, Tol Cisumdawu akan memperpendek jarak menuju BIJB dari Bandung sekaligus mempercepat waktu tempuhnya.

"Tentu saja harapannya Tol Cisumdawu segera selesai supaya warga Bandung Raya yang hendak ke BIJB bisa lebih cepat," ujar Andriani. (men)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved