Ada Gerhana Matahari Total 2 Juli 2019, Begini Cara Mengamatinya via HP, dari Indonesia Kelihatan?

Live streaming gerhana matahari total ini disediakan oleh National Science Foundation's Cerro Tololo Observatory di Chili.

Ada Gerhana Matahari Total 2 Juli 2019, Begini Cara Mengamatinya via HP, dari Indonesia Kelihatan?
Pixabay.com
Gerhana matahari 

TRIBUNJABAR.ID - Fenomena gerhana matahari total akan terjadi pada Selasa (2/7/2019). Apakah bisa disaksikan di Indonesia?

Sayangnya, menurut laman Cnet.com, gerhana matahari total ini hanya bisa disaksikan di kawasan Pasifik, Chili, dan Argentina.

Namun, kita yang berada di Indonesia masih dapat menyaksikan gerhana matahari total melalui live streaming.

Live streaming gerhana matahari total ini disediakan oleh National Science Foundation's Cerro Tololo Observatory di Chili.

Tak hanya itu, lembaga tersebut juga menyediakan aplikasi Android dan iOS agar Anda dapat melihat gerhana matahari total di smartphone atau HP.

Besok Bakal Ada Gerhana Matahari Parsial, Apakah Bisa Dilihat Secara Kasat Mata?

Tautan atau link live streaming dan link download aplikasi smartphone Android dan iOS akan disematkan di akhir tulisan ini.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin turut menjelaskan mengenai fenomena gerhana matahari total yang akan terjadi pada 2-3 Juli 2019.

Dilansir TribunJabar.id dari Antara, Thomas mengatakan, gerhana matahari total itu hanya teramati di Pasifik dan Amerika lantaran melewati garis gerhana yang dimulai pada pagi 3 Juli di Pasifik Barat.

Kemudian, jalur gerhana matahari total itu akan berakhir pada 2 Juli maghrib di Amerika Selatan.

Jadi, hanya di Chili dan Argentina saja lah gerhana matahari itu bisa diamati di daratan.

Gerhana Matahari total sebagai bagian dari gerhana Matahari hibrid, Minggu (3/11/2013), diabadikan dari wilayah Atlantik.
Gerhana Matahari total sebagai bagian dari gerhana Matahari hibrid, Minggu (3/11/2013), diabadikan dari wilayah Atlantik. (Ben Cooper via Tribunnews.com)
Halaman
123
Penulis: Yongky Yulius
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved