Tahun 2018, Ditemukan 254 Kasus Penyalahgunaan Narkotika di Bandung, 21 Persennya Generasi Milenial

Tingkat penyalahgunaan dan peredaran narkotika masih menjadi permasalahan besar bagi seluruh daerah di Indonesia.

Tahun 2018, Ditemukan 254 Kasus Penyalahgunaan Narkotika di Bandung, 21 Persennya Generasi Milenial
net
Ilustrasi narkoba 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tingkat penyalahgunaan dan peredaran narkotika masih menjadi permasalahan besar bagi seluruh daerah di Indonesia.

Terlebih saat ini, generasi milenial menjadi sasaran empuk untuk peredaran obat-obatan terlarang tersebut.

Oleh karena itu, tahun ini BNN secara khusus mengangkat tema 'Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas' dalam peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019.

Pura-pura Kirim Buah Naga, Kurir Narkoba Jaringan Pinrang-Malaysia Ditembak Polisi

Kepala Seksi Pencegahan BNN Kota Bandung, Leonard, mengatakan bahwa berdasarkan data sepanjang tahun 2018, ada 254 kasus penyalahgunaan narkoba di Kota Bandung.

Sementara sejak awal 2019 terdapat 81 kasus pidana narkotika.

"Dalam persentase angkanya (generasi milenial) lumayan besar 21,14 persen untuk angka terakhir. Jadi lumayan banyak," ujarnya saat di temui di sela kegiatannya di Lapangan Saparua Bandung, Jumat (28/6/2019).

Leonard menjelaskan, kaum milenial memang menjadi sasaran yang menggiurkan bagi para pengedar narkotika, sebab generasi muda ini masih sangat rawan diracuni oleh pergaulan bebas di lingkungan sekitarnya, termasuk penyalahgunakan narkoba.

"Kalau dari kasus yang kami tangani di lapangan, mayoritas kasus dialami oleh usia pendidikan. Selain faktor lingkungan pergaulan, tapi rata-rata sebagian besarnya karena pengaruh lingkungan keluarga yang tidak kondusif atau harmonis, sehingga narkotika akhirnya di jadikan jalan pelarian untuk mengatasi masalah itu," ucapnya.

Ia menuturkan, berdasarkan data penelitian secara nasional di 13 provinsi, penyalahgunaan narkotika banyak dilakukan oleh usia produktif dengan rentang 13-30 tahun.

Halaman
123
Penulis: Cipta Permana
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved