Pengadaan Ambulans Desa di Purwakarta Didanai Masing-masing Desa

Semua desa di Purwakarta kini telah memiliki mobil ambulans masing-masing yang bersiaga di setiap kantor desa setiap harinya.

Pengadaan Ambulans Desa di Purwakarta Didanai Masing-masing Desa
istimewa
Mobil Ambulans bagi semua desa di Purwakarta 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Semua desa di Purwakarta kini telah memiliki mobil ambulans masing-masing yang bersiaga di setiap kantor desa setiap harinya.

Tujuan disediakannya mobil pengangkut orang sakit itu agar memudahkan dan mempercepat penanganan kesehatan yang bisa menjangkau semua lapisan masyarakat di Purwakarta.

Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Purwakarta, Anwar Sadat, menjelaskan lebih rinci terkait anggaran pengadaan mobil ambulans tersebut.

Dia menyebut bahwa ambulans desa yang diberi nama 'Kidang Kawelas Jos' anggarannya berasal dari dana bagi hasil pajak (DBHP) desa.

Di Kabupaten Purwakarta Setiap Desa dan Kelurahan Miliki Mobil Ambulans, Warga Miskin Gratis

Hal itu ia katakan disela mendampingi Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, meresmikan mobil ambulans desa di Desa Kutamanah, Sukasari, Purwakarta pada Rabu (26/6/2019).

"Dari DBHP ini jumlah yang diterima tiap desa itu sangat bervariatif. Tergantung dari besaran pendapatan di desa itu sendiri. Pendapatan dari DBH ini pemkab menyarakan untuk dibelikan ambulans," kata Anwar menjelaskan.

Pada tahun 2019, bantuan armada ambulans baru untuk seluruh masyarakat desa di Purwakarta sekitar 180 unit mobil baru.

Semua ambulans telah tersebar ke setiap desa yang ada di Purwakarta dan sudah siap mengantarkan masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, Anwar membantah bahwa Apdesi mengoordinasi pembelian ambulans.

Mobil Ambulans bagi semua desa di Purwakarta
Mobil Ambulans bagi semua desa di Purwakarta (istimewa)
Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved