Pemkab Purwakarta Siapkan TPSS yang Representatif, Lahan dan Lokasi yang Lebih Baik

Pemerintah Kabupaten Purwakarta bertekad untuk terus berbenah terhadap kebersihan lingkungan termasuk dalam penataan tata kelola sampah.

Pemkab Purwakarta Siapkan TPSS yang Representatif, Lahan dan Lokasi yang Lebih Baik
Tribun Jabar/Haryanto
Tempat Pembuangan Sementara Sampah ( TPSS) yang saat ini dimiliki Pemda Purwakarta, Jumat (14/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta bertekad untuk terus berbenah terhadap kebersihan lingkungan termasuk dalam penataan tata kelola sampah.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebut salah satu langkahnya untuk memperbaiki pengelolaan sampah ialah dengan pembaharuan Tempat Pembuangan Sementara Sampah ( TPSS) di Purwakarta.

Anne menyebut bahwa TPSS yang ada saat ini dianggap kurang representatif. Oleh karena itu pihaknya akan mengganti TPSS di Purwakarta secara bertahap dan dibuat secara permanen.

"Selama inikan TPSS-nya itu tidak representatif, hanya pada bentuk kotak saja, dan daya tampungnya terbatas, harusnya TPSS dibuat permanen yang lebih baik," kata Anne saat ditemui di Pemda Purwakarta, Nagritengah, Purwakarta pada Jumat (14/6/2019).

Purwakarta Zero Accident Sepanjang Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2019

Akan tetapi ia menyebutkan bahwa saat ini masih ada kendala untuk menyiapkan TPSS yang representatif tersebut.

Kendalanya ialah perihal ketersediaan lahan yang diperlukan untuk TPSS. Seperti halnya lahan yang harus bisa dilalui menggunakan kendaraan roda empat dan ruang yang cukup untuk menampung sampah dengan volume yang banyak.

Meski demikian, Bupati yang akrab disapa Ambu itu tetap akan berupaya membangun dibeberapa titik tempat sekaligus mencari solusi lainnya.

"Tempatnya harus berada di lokasi yang bisa diangkut langsung oleh kendaraan truk sampah. Sehingga perlu ada rekayasa tempat yang tepat, tetapi secara bertahap akan dibangun dulu di beberapa tempat," ucap dia.

Seiring berjalannya waktu, evaluasi terhadap TPSS pun akan dilakukan, apalagi jika tempat yang telah tersedia untuk TPSS kurang strategis.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved