Kerja Sama dengan ICA, Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah Periksa Kelistrikan untuk Cegah Kebakaran

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, meminta para kepala daerah dan dinas terkait di kabupaten dan kota di Jabar kembali memeriksa jaringan kelistrikan pasar

Kerja Sama dengan ICA, Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah Periksa Kelistrikan untuk Cegah Kebakaran
Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat diwawancara, Jumat (17/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meminta para kepala daerah dan dinas terkait di kabupaten dan kota di Jawa Barat kembali memeriksa jaringan kelistrikan pasar tradisional.

Hal ini menindaklanjuti kejadian kebakaran pasar akibat hubungan pendek arus listrik atau korsleting yang beruntun terjadi, seperti yang menimpa Pasar Kosambi dan Pasar Ujungberung di Kota Bandung.

"Itu kan beritanya beruntun terus. Cuman mengingatkan kalau beruntun dalam waktu dekat, berarti jangan-jangan sistemik. Jadi saya titip saja agar PD Pasar dan Pemkot Bandung mengecek, juga semua yang sisanya di luar pasar Kosambi dan Ujungberung," kata pria yang akrab disapa Emil ini di Gedung Sate, Selasa (11/6/2019).

Ini Sejumlah Masjid yang Disebut Ridwan Kamil Berunsur Segitiga, Dua di Antaranya Ada di Bandung

Barang-barang Lainnya Hangus saat Kebakaran Pasar Ujungberung, Alquran Ini Justru Utuh Tak Terbakar

Ridwan Kamil mengatakan, Pemprov Jawa Barat bekerja sama dengan International Copper Association (ICA) untuk mengaudit setiap rumah penduduk atau bangunan lainnya melalui survei peralatan listrik yang digunakan mulai 2019-2024.

"Makannya kami ada kerja sama dengan Asosiasi Copper Internasional, untuk menginspeksi mayoritas rumah di Jawa Barat. Karena hasil penelitian, kebakaran itu diduga kualitas kelistrikan dari kabel dan instalasi kualitasnya rendah sehingga kena korsleting sedikit, mudah terbakar," katanya.

Kebakaran di pasar atau bangunan lainnya, katanya, tentunya menganggu ekonomi rakyat, sehingga kerja sama diharapkan dapat mengurangi bencana kebakaran di Jawa Barat.

Kerja sama ini menjadi bagian dari cetak biru ketahanan kebencanaan atau West Java Resilience Blue Print yang tengah dipersiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Penandatanganan kerja sama Jawa Barat-ICA ini tertuang dalam Letter of Intent (LOI) yang ditandatangani oleh Ridwan Kamil dengan Direktur ICA Wilayah Asia Timur dan Tenggara Collin May di Aula Timur Kampus ITB, Kota Bandung, Senin (29/4/19).

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjuk Jawa Barat sebagai area percontohan tentang keselamatan kelistrikan ini.

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved