Arus Balik Lebaran 2019

Pemudik yang ke Jakarta Diimbau Tak Lewati Ajibarang-Bumiayu

Di jalur penghubung antara jalur selatan dan utara tersebut berpotensi terjadi kepadatan arus lalu lintas pada saat arus balik Lebaran.

Pemudik yang ke Jakarta Diimbau Tak Lewati Ajibarang-Bumiayu
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Sebagian Besar kendaraan yang melintasi Jalur Nagreg, Kabupaten Bandung pada Rabu (5/6/2019), dari arah Jakarta - Garut merupakan pemudik lokal menuju wilayah Priangan Timur. 

TRIBUNJABAR.ID, BANYUMAS - Kasat Lantas Polres Banyumas AKP Himawan Aji Angga mengatakan, pemudik yang akan kembali ke Jakarta dari jalur selatan Jawa Tengah (Jateng), diimbau tidak melintasi jalur tengah Ajibarang, Kabupaten Banyumas- Bumiayu, Kabupaten Brebes. 

Di jalur penghubung antara jalur selatan dan utara tersebut berpotensi terjadi kepadatan arus lalu lintas pada saat arus balik Lebaran. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan jalur Ajibarang-Bumiayu, karena kemungkinan besar terjadi kepadatan arus lalu lintas," kata Himawan saat dihubungi, Jumat (7/6). 

Himawan mengatakan, jalur tersebut berpotensi terjadi kepadatan lalu lintas pada beberapa titik.

Salah satunya di simpang Waduk Penjalin, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. 

Selain itu, lanjut Himawan, di jalur tersebut terdapat tanjakan yang berpotensi menimbulkan perlambatan arus lalu lintas dan juga kecelakaan.

"Kemungkinan besar terjadi kepadatan dan itu (ada) jalan menanjak dan sangat berisiko, potensi perlambatan (juga) ada," ujar Himawan. 

Himawan mengatakan, puncak arus balik diperkirakan akan terjadi antara Jumat (7/6) hingga Minggu (9/6).

"Perkiraan puncak arus balik Jumat, Sabtu, Minggu, tiga hari ini, karena hari Senin sudah masuk kerja semua," kata Himawan. (Kompas.com/Fadlan Mukhtar Zain)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul Pemudik yang Balik ke Jakarta, Hindari Jalur Ajibarang-Bumiayu 

Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved