Terkait Temuan Warga Cianjur Alami Gejala Mirip Cacar Monyet, Ini Penjelasan Dinas Kesehatan Jabar

Berli mengatakan tidak dapat mengonfirmasi jenis penyakit hanya melalui foto dan kabar.

Terkait Temuan Warga Cianjur Alami Gejala Mirip Cacar Monyet, Ini Penjelasan Dinas Kesehatan Jabar
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung siap melayani apabila ada masyarakat yang terjangkit penyakit cacar monyet atau monkeypox 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Kepala Dinas Kesehatan Jabar, Berli Hamdani, mengatakan masih menunggu hasil penanganan pertama kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur terhadap temuan sejumlah warga Desa Neglasari, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, yang dilaporkan terserang penyakit gatal disertai benjolan pada kulitnya.

"Kami menunggu penanganan pertama oleh petugas puskesmas setempat dan Dinkes Cianjur. Mereka langsung turun, tidak perlu diminta karena sudah ada sistem surveilans atau pemantauan," kata Berli melalui pesan ponsel, Senin (3/6) malam.

Berli mengatakan tidak dapat mengonfirmasi jenis penyakit hanya melalui foto dan kabar.

Tim dokter, katanya, harus langsung menemui penderita untuk memeriksa kondisi sebenarnya.

"Kalau sekilas dari foto saja, tidak dapat dikonfirmasi apakah jenis penyakit kulit yang menimpa anak-anak di Cidaun, Cianjur Selatan, tersebut. Harus dilihat langsung, karena penyakit kulit itu banyak yang serupa dalam manifestasinya," katanya.

Berli mencontohkan penyakit kulit yang timbul akibat alergi kulit dengan penyakit kulit yang timbul akibat gangguan daya tahan tubuh bisa sama gejala atau tampilannya.

"Tetapi untuk penyembuhan, harus diyakini betul penyebabnya. Baru bisa diambil langkah-langkah penyembuhan atau penanganannya," kata Berli. (Sam)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved