Perguruan Darul Hikam Bandung Mewisuda 463 Lulusan, Termasuk Anak Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Kegiatan itu dihadiri Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang sekaligus sebagai orang tua dari salah seorang lulusan, bernama Camillia Laetitia Azzahra,

Perguruan Darul Hikam Bandung Mewisuda 463 Lulusan, Termasuk Anak Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Tribun Jabar/Cipta Permana
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana beserta pejabat pemerintah dan Perguruan Darul Hikam Bandung berfoto bersama para lulusan berprestasi dalam kegiatan Tasyakur Bi'nimah wisuda Perguruan Darul Hikam Bandung, di Sabuga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu (22/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Perguruan Darul Hikam Bandung menggelar acara Tasyakur Binni’mah atas kelulusan 463 siswa-siswi di jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, dan Darul Hikam International School (DHIS) tahun ajaran 2018/2019 di Gedung Sasana Budaya Ganesha, Jalan Tamansari Nomor 73, Kota Bandung, Rabu (22/5/2019).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang sekaligus sebagai orang tua dari salah seorang lulusan, bernama Camillia Laetitia Azzahra, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Kepala Disdik Jabar, Dewi Sartika serta para pejabat pemerintahan lainnya.

Ketua Panitia Wisuda Bersama Darul Hikam Bandung, Sandi Setiawan, mengatakan, mengusung tema wisuda "Memperkaya dan Mempertajam Model Pendidikan Karakter untuk Mewujudkan Pendidikan Berakhlak Berprestasi" pihaknya ingin menciptakan generasi yang memiliki karakter aliman (berilmu), sholihan (berbudi pekerti), dan mujahidan (bersungguh-sungguh meraih yang terbaik). Terlebih hal tersebut selaras dengan visi progam Kota Bandung, yaitu menjadikan kota yang unggul dan agamis.

"Sebelum pemerintah mencanangkan konsep pendidikan karakter, hal itu sudah lama diterapkan di Darul Hikam. Hal ini sejalan dengan konsep inti pendidikan di Darul Hikam, yaitu taqwa character building," ujarnya di sela kegiatan.

Siswa SMA Darul Hikam Pamer Keahlian Ekstrakurikuler Melalui Drama Musikal

Oleh karena itu, ia berharap dengan mengusung nilai pendidikan karakter, para lulusan Darul Hikam tetap dapat istiqamah dan tetap menjalin silaturahim dengan Darul Hikam.

"Saya berharap ikatan alumni yang terjalin antara Darul Hikam dan para alumninya dapat terbangun dengan kuat, dan juga memberikan manfaat bukan hanya bagi almamaternya, tapi juga masyarakat luas" ucapnya.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berpesan agar para alumni memiliki empat nilai kompetensi dalam menghadapi perkembangan zaman, khususnya menyongsong era revolusi industri 4.0, yaitu Inteliggence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), Spiritual Quotient (SQ), dan Physical Qoutient (PQ).

"Jadi kalian selain memiliki kecerdasan secara ilmu pengetahuan, juga memiliki akhlaq yang baik, rajin beribadah dengan pergi ke masjid, hafiz quran, tetapi juga harus memiliki tubuh yang sehat. Serta niatkan dalam diri semua yang kita lakukan adalah ibadah kepada Allah Swt. Itulah empat nilai yang harus kalian miliki titipan dari saya untuk anak-anaku sekalian," ujarnya di Aula Sabuga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu (22/5/2019).

Selain itu, Pria yang akrab di sapa Kang Emil itu pun mengatakan, bahwa tantangan bangsa Indonesia saat ini, dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, adalah memeriksa kebenaran dari suatu informasi yang tersebar luas di masyarakat. Sebab semua informasi tersebut belumlah terbukti kebenarannya (hoax) dan berpotensi memecahbelah bahkan menghancurkan hubungan pertemanan dan persaudaraan gara-gara hal ini.

Sikapi Aksi 22 Mei, Ridwan Kamil Minta Elit Nasional Sejukkan Suasana

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved