Gelar Safari Ramadan, Bupati Aa Umbara Lakukan Buka Puasa Hingga Tarawih Bersama Warga

Pemerintah Bandung Barat di bulan Ramadan ini memiliki sejumlah agenda, mulai safari Ramadan, buka bersama, tarawih keliling, hingga sahur bersama

Gelar Safari Ramadan, Bupati Aa Umbara Lakukan Buka Puasa Hingga Tarawih Bersama Warga
Istimewa
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna saat memberikan santunan kepada fakir dan miskin saat Safari Ramadan di Saguling, Selasa (14/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, SAGULING - Pemerintah Bandung Barat di bulan Ramadan ini memiliki sejumlah agenda, mulai safari Ramadan, buka bersama, tarawih keliling, hingga sahur bersama ke 16 kecamatan yang ada di Bandung Barat. Agenda ini dipimpin langsung oleh Bupatinya, yakni Aa Umbara Sutisna.

Dalam setiap kesempatan melakukan safari Ramadan, Aa Umbara turut serta mengajak seluruh pejabat strukturalnya untuk ikut hadir bertemu warga masyarakat sekaligus menyampaikan program-program yang dimiliki oleh Pemda KBB selama lima tahun ini.

Kegiatan safari Ramadan sudah dilakukan sebanyak tiga kali, yakni pada Rabu (8/5/2019) di Gununghalu dan Rongga, Sabtu (11/5/2019) di Cikalongwetan dan Cipeundeuy, dan Selasa (14/5/2019) di Cipongkor dan Saguling.

Ratusan masyarakat pun tampak selalu memadati kegiatan safari Ramadan yang baru pertama kali dilaksanakan Pemda KBB ini sejak pukul 14.00 wib. Aparat perangkat desa hingga kecamatan setempat pun turut hadir.

Aa Umbara mengatakan setiap lokasi safari Ramadan memiliki kesan tersendiri baginya. Pelaksanaan safari Ramadan yang ketiga ini, kata Aa berbeda dari yang ke satu dan ke dua yang biasanya di masjid besar kecamatan, yakni pada safari Ramadan ketiga justru dilaksanakan di Bumi Perkemahan Saguling milik Indonesia Power.

"Lokasi ini (Buper Saguling) kan terkenalnya tempat maksiat dan banyak digunakan hal negatif. Dan kami (pemda) akan rubah kesan negatif itu untuk menata ulang kembali tempat yang memang memiliki potensi wisata besar di KBB agar menjadi tempat perkemahan yang lengkap senasional," katanya di Saguling, Rabu (15/5/2019).

Setiap kali melaksanakan safari Ramadan, Aa Umbara pun menambahkan warga masyarakat senantiasa melaksanakan salat Magrib, Isya, dan taraweh bersama di lokasi safari Ramadan.

Berdasarkan pantauan Tribun, orang nomor satu di KBB ini saat mengisi ceramah atau sambutannya dalam safari Ramadan selalu menyelinginya dengan Salawatan atau iringan musik-musik bernuansa Islami mengajak para masyarakat yang hadir untuk ikut larut dalam ceramah yang dibawakan olehnya.

"Konsep nada dan dakwah ini ya karena sengaja dipakai agar warga masyarakat yang hadir tidak merasa jenuh karena mendengarkan program-program pemerintah, tetapi diselingi pula dengan lagu-lagu Islami sebagai pencerahan paradigma baru. Jadi, satu jam setengaj juga warga tak akan terasa mendengarkan ceramah dan tak akan merasa mengantuk apalagi saat puasa," ujarnya.

Kegiatan lainnya yang dilakukan oleh Pemda KBB saat melaksanakan safari Ramadan ialah memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim yang ada di wilayah tersebut. Sejumlah program yang dimiliki pemerintahan Aa dan Hengky ini senantiasa disampaikan langsung oleh Aa Umbara, salahsatunya pembukaan akses objek wisata di wilayah selatan dengan melakukan pelebaran mulai Jalan Cihampelas hingga Rongga.

"Saya berharap 2020 akses jalan sudah siap diperlebar, masyarakat juga harus siap mendukung program-program pemerintah," katanya.

Selanjutnya, Aa Umbara juga telah mengeluarkan kebijakan selama Ramadan bagi para ASN dengan dipimpin oleh dirinya untuk melakukan sahur bersama di Masjid Agung Ash-Shidiq yang ada di Komplek Pemda KBB setiap hari Jumat sekaligus melaksanakan salat Subuh berjamaah. (*/adv)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved