Mangsa Ular Berbisa, Elang Ditemukan Lemas, Sempat Dirawat Warga Kemudian Diserahkan ke BKSDA

Pulang kerja di hutan, warga menemukan Elang Ular Bido dalam kondisi lemas. Dirawat kemudian diserahkan ke BKSDA.

Mangsa Ular Berbisa, Elang Ditemukan Lemas, Sempat Dirawat Warga Kemudian Diserahkan ke BKSDA
istimewa
Petugas Polisi Kehutanan Resor Cirebon, Ade Kurniadi Karim (kanan), saat menerima Elang Ular Bido yang bernama latin Spilornis Cheela dari warga Desa Kertawinangun, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Kamis (9/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Warga Desa Kertawinangun, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, menyerahkan secara sukarela elang yang ditemukannya ke petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat.

Menurut Petugas Polisi Kehutanan Resor Cirebon, Ade Kurniadi Karim, Elang Ular Bido yang bernama latin Spilornis Cheela itu ditemukan secara tidak sengaja oleh warga sepulang bekerja di hutan.

Saat ditemukan, elang yang masuk kategori satwa dilindungi itu dalam kondisi lemas sehingga warga pun membawa pulang dan merawatnya.

"Setelah sembuh, hari ini elang tersebut diserahkan secara sukarela ke BKSDA Jabar," kata Ade Kurniadi Karim dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jabar, Kamis (9/5/2019).

Pihaknya menduga elang tersebut lemas akibat racun ular yang dimangsanya.

Pasalnya, di alam liar elang jenis tersebut biasa memangsa ular berbisa.

Menurut dia, penyerahan elang itu dilakukan melalui perantara komunitas pecinta satwa, Rumah Singgah Satwa (RSS) Bumi Kita Majalengka.

Selanjutnya Tim Gugus Tugas Evakuasi Penyelamatan Satwa Seksi Konservasi Wilayah VI Tasikmalaya BBKSDA Jawa Barat dalam hal ini Resor Konservasi Wilayah XXII Cirebon, langsung mengevakuasi elang tersebut.

"Setibanya di lokasi, kami langsung mengecek secara kasat mata kondisi elang tersebut dan hasilnya satwa secara fisik terlihat sehat," ujar Ade Kurniadi Karim.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved