PNM Latih Anggota Klaster Usaha Konfeksi Soal Usaha Digital dan Penguatan Kelompok

diharapkan nasabah PNM bisa meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para peserta baik dari sisi manajerial, pembukuan sederhana, tata letak lokasi

PNM Latih Anggota Klaster Usaha Konfeksi Soal Usaha Digital dan Penguatan Kelompok
ISTIMEWA
Sejumlah nasabah PNM mengikuti pelatihan dan penguatan kelompok Klasterisasi Konveksi UlaMM di Sahid Sunshine Hotel, Soreang, Rabu (06/03/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG- PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menggelar kegiatan pelatihan kepada anggota klaster usaha konfeksi yang merupakan nasabah binaan produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) di wilayah Soreang dan Ciwidey, Jawa Barat. Pelatihan yang memberikan pengenalan usaha digital sekaligus penguatan kelompok usaha dalam menjaga harga dan mengantisipasi permainan harga itu dilaksanakan di Sahid Sunshine Hotel Soreang, Rabu (06/03/2019).

PNM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) memberikan pendampingan kepada nasabah binaan, baik berupa pelatihan reguler ataupun pelatihan klaster yang berdasar pada kesamaan produk atau wilayah. Pada pembukaan klaster usaha konfeksi ini, para nasabah binaan PNM ULaMM turut mendapatkan Motivasi Kewirausahaan guna meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menjalankan usahanya.

Dalam rilis yang diterima Tribun, Jumat (8/3/2019), disebutkan, bahwa klaster konfeksi dibentuk pada 17 November 2018, dan pertemuan ini adalah pengukuhan sekaligus penguatan kelompok. Sebelumnya anggota klaster konfeksi telah mendapatkan empat pelaithan mengenai manajemen keuangan sederhana, penyuluhan tata letak lokasi usaha untuk meningkatkan pola penjalan, strategi penyerapan tenaga kerja dan menjaga loyalitas tenaga kerja,dan penguatan kelompok usaha dalam menjaga harga dan mengaintisipasi permainan harga.

Dengan dibentuknya klaster ini, diharapkan nasabah PNM bisa meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para peserta baik dari sisi manajerial, pembukuan sederhana, tata letak lokasi usaha , pola penjualan,serta mengoptimalkan fungsi dan peran kelompok sebagai penunjang dalam  perkembangan usaha.

PNM bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupatan Bandung dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung dan perusahaan platform Grab – Kudo memberikan pelatihan kepada klaster usaha konfeksi untuk memberikan solusi dan inovasi atas permasalahan yang mereka hadapi dan peluang usaha dengan mekanisme digital.

Hadir sebagai pembicara Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung Dra.Hj. Popi Hopipah, Kepala Bidang PDLN Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung H. Perdana Firmansyah, Kasi Bidang Pengawasan Distribusi Heryanti M. K, S.H, Kepala Bidang Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bandung Drs. Usman Karyana, dan Kasi Kementerian Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bandung Farida.

Ke depannya klaster usaha konfeksi ini diharapkan memiliki peningkatan wawasan kewirausahaan, peningkatan kemampuan dalam pengelolaan usaha, efisiensi dalam berusaha  termasuk pemanfaatan limbah konfeksi, berperannya kelompok dalam membangun sinergi menunjang usaha para anggotanya, terbinanya UMK yang tangguh, berinovatif, dan berdaya saing tinggi. (*)

Editor: Machmud Mubarok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved