Bawaslu Ajak Santri untuk Jadi Pengawas Partisipatif pada Pemilu Nanti

Komisioner Bawaslu Jabar, Wasikin Marzuki, mengajak para santri untuk senantiasa menunaikan hak mereka pada 17 April nanti

Bawaslu Ajak Santri untuk Jadi Pengawas Partisipatif pada Pemilu Nanti
tribunjabar/ahmad imam baehaqi
Anggota Bawaslu Jabar, Wasikin Marzuki (kanan), usai meninjau gudang KPU Kota Cirebon, Jl Palang Merah, Kota Cirebon, Senin (4/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PARONGPONG- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat bersama Bawaslu Bandung Barat telah melakukan sosialisasi partisipatif terhadap 100 santri se-KBB yang berasal dari sejumlah pondok pesantren.

Komisioner Bawaslu Jabar, Wasikin Marzuki, mengajak para santri untuk senantiasa menunaikan hak mereka pada 17 April nanti di tempat pemungutan suara sekaligus mengajak bergabung dalam pengawasan partisipatif.

"Kami ingin santri itu itu tidak hanya menjadi penonton di setiap pemilu tapi santri termasuk di KBB harus bisa mengajak dan terlibat menjadi anggota pengawas di TPS," ujarnya di Parongpong, Senin (25/2/2019).

Menurutnya, selama ini santri berdasarkan catatan di Bawaslu Jabar, sering dijadikan objek, bahkan seolah mudah dibeli dan dikondisikan.

Dia pun mengaku senang terhadap deklarasi santri yang siap untuk memerangi hoax dan politisasi sara yang terkadang menjadi komoditas dalam memenangkan salahsatu paslon.

Sedang Jaga Warung, Warga Indramayu Ini Tiba-tiba Dibacok Pembelinya

3 Perempuan di Karawang Diamankan, Terkait Video Ujaran Kebencian Terhadap Jokowi-Maruf

Ketua Bawaslu KBB, Cecep Rahmat Nugraha menyebut sosialisasi yang telah dilakukan Bawaslu sangatlah baik dalam memberikan pandangan kepada kaum millenial termasuk terkait money politic yang selalu ada dari pemilu ke pemilu.

"Saya melihat santri bukan hanya konteks dalam memerdekan Indonesia tapi santri punya peranan dalam perjuangan bangsa Indonesia sehingga sangat baik jika santri bisa dilibatkan dalam pengawasan partisipatif," katanya di Parongpong, Senin (25/2/2019). (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved