Soal Rahasia Kesuksesan Dilan, Pidi Baiq Berikan Jawaban Mengejutkan

Padahal sebenarnya sosok Dilan itu mewakili generasi 90an yang notabene gambaran atas pengalaman dan kerinduan Pidi Baiq terhadap suasana di zaman itu

Soal Rahasia Kesuksesan Dilan, Pidi Baiq Berikan Jawaban Mengejutkan
TRIBUN JABAR/PUTRI PUSPITA NILAWATI
Pidi Baiq dalam sebuah acara di Bandung, Selasa (6/32018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kesuksesan film Dilan 1990 yang sekarang diikuti dengan sekuel persiapan premier Dilan 1991, tentu saja tidak terlepas dari sosok penulis cerita yang melahirkan inspirasi ide lahirnya film Dilan di Tanah Air, yaitu Pidi Baiq.

Pidi Baiq memang dianggap telah sukses melahirkan seorang sosok remaja yang dianggap bisa merepresentasikan keinginan remaja masa kini, generasi milenial.

Padahal sebenarnya sosok Dilan itu sendiri, diakui Pidi, adalah sosok yang mewakili generasi 90-an yang notabene merupakan gambaran atas pengalaman dan kerinduan Pidi Baiq terhadap suasana di zaman itu.

Kepada Tribun Jabar yang menemui Pidi Baiq di Kantin Nation The Panas Dalam, Jumat (22/2/2019) malam, ia mengaku tidak menyangka bahwa hasil tulisan karyanya ini bisa booming setelah dituangkan ke layar lebar.

Pidi mengatakan bahwa ia tidak menyangka bahwa Dilan akan sukses seperti saat ini.

Pasalnya, saat membuat buku tentang Dilan, dia tidak pernah memikirkan apapun selain berpikir tentang istri dan anaknya.

"Saya nggak pernah mikir yang lain-lain, saya tidak pernah memikirkan sukses atau tidak, yang penting saya membuat sebisa mungkin karya saya, total saya kerjakan sejauh yang saya bisa," katanya.

poster acara Meet and Greet Dilan 1991
poster acara Meet and Greet Dilan 1991 (Istimewa)

Pidi Baiq bahkan mengaku tidak mengetahui rahasia apa yang membuat Dilan bisa menjadi sebuah karya sinema yang sukses dan diterima dengan hangat di tengah masyarakat, khususnya bagi kalangan generasi muda.

"Saya juga nggak tahu, mungkin kebetulan saja mereka membutuhkan cerita seperti itu," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved