Apa yang Dimaksud Propaganda Rusia seperti Disebut Jokowi? Ternyata Tak Ada Hubungannya dengan Rusia

Kedutaan Besar Rusia di Indonesia mengatakan negaranya tak ikut campur dalam kontestasi pilpres di Indonesia, dikutip dari akun Twitter resmi Kedutaan

Apa yang Dimaksud Propaganda Rusia seperti Disebut Jokowi? Ternyata Tak Ada Hubungannya dengan Rusia
instagram/Jokowi
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) 

TRIBUNJABAR.ID - Setelah dipakai capres 01 Joko Widodo (Jokowi) untuk menyindir kubu lawannya, 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, istilah Propaganda Rusia hangat dibicarakan.

Jokowi memakai istilah Propaganda Rusia saat bertemu sedulur kayu dan mebel di Solo, Minggu (3/2/2019).

Kala itu, Joko Widodo menyebut ada tim sukses yang memakai Propaganda Rusia (konsultan asing).

Pemakaian istilah Propaganda Rusia oleh Jokowi ternyata tidak hanya mendapat respons kubu lawannya di Pilpres 2019 tapi oleh Rusia melalui Kedutaan Besar Rusia di Indonesia.

Kedutaan Besar Rusia di Indonesia mengatakan negaranya tak ikut campur dalam kontestasi pilpres di Indonesia, dikutip dari akun Twitter resmi Kedutaan Besar Rusia di Indonesia, @RsEmbJakarta.

Juru Bicara TKN Ace Hasan Syadzily kemudian menuturkan yang dimaksud Jokowi bukan Negara Rusia melainkan hanya jenis nama propaganda.

 BPN Prabowo-Sandi Merasa Kasihan pada Jokowi yang Mulai Tampil Galak: Dia Stres dan Tertekan

 Dedi Mulyadi : Sudah Saatnya Pak Jokowi Menyerang, Elu Jual, Gua Beli

Apa Itu Propaganda Rusia?

Propaganda Rusia atau dikenal dengan “Firehouse of Falsehood" merupakan teknik propaganda yang memiliki ciri khas melakukan kebohongan-kebohongan nyata (obvius lies) guna membangun ketakutan publik.

Tujuannya mendapatkan keuntungan posisi politik sekaligus menjatuhkan posisi politik lawannya yang dilakukan lebih dari satu kali atau secara terus menerus (repetitive action), dikutip dari Tribunnews.com, Jumat (5/10/2018).

Ace Hasan Syadzily menambahkan istilah Propaganda Rusia yang populer setelah RAND Corporation menerbitkan artikel berjudul The Russian “Firehouse of Falsehood” Model Propaganda yang ditulis Christopher Paul dan Miriam Matthews, dikutip dari Tribunnews.com, Senin (4/2/2019).

Halaman
1234
Editor: Ravianto
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved