Waspada DBD

DBD di Kota Cimahi Mewabah, Wali Kota Turun Tangan Melakukan Fogging

Mewabahnya DBD) di Kota Cimahi, membuat Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna turun langsung melaksanakan PSN dan pengasapan atau fogging

DBD di Kota Cimahi Mewabah, Wali Kota Turun Tangan Melakukan Fogging
TRIBUN JABAR/HILMAN KAMALUDIN
Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna saat melakukan fogging di Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jumat (25/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Mewabahnya penyakit demam berdarah dangue (DBD) di Kota Cimahi, membuat Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna turun langsung melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan pengasapan atau fogging di Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jumat (25/1/2019).

Dalam pelaksaan tersebut, Ajay memulainya dengan melakukan pemeriksaan genangan air ke setiap lingkungan dan rumah warga setempat seperti memeriksa bak mandi untuk memastikan tidak ada jentik nyamuk.

Selain itu, ia juga membasmi sendiri tempat yang diduga terdapat sarang nyamuk dengan cara pengasapan fogging menggunakan mesin fogging ke setiap rumah warga setempat.

"Ini untuk mengajak masyarakat lebih aktif mengikuti program (PSN). Tujuannya supaya PSN bisa berjalan lebih maksimal dengan bantuan unsur warga," ujarnya disela pelaksanaan fogging.

Menurutnya, hal tersebut harus dilakukan karena sudah kasus DBD mewabah di Kota Cimahi, sehingga kegiatan tersebut diharapkan tidak hanya dilakukan oleh juru penilik jentik (jumantik) saja.

"Apalagi jumlah jumantik yang terbatas terbilang sulit mengcover wilayahnya. Sehingga saya meminta masyarakat untuk aktif dalam melakukan PSN," katanya.

Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna saat melakukan fogging di Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jumat (25/1/2019).
Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna saat melakukan fogging di Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jumat (25/1/2019). (TRIBUN JABAR/HILMAN KAMALUDIN)

Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Kota Cimahi mengajak masyarakat bersama-sama untuk membersihkan tempat sarang nyamuk dan meminta RT serta RW untuk berperan aktif mengajak masyarakat di lingkungannya untuk mengikuti program PSN.

Menurut Ajay, penyebaran penyakit DBD berawal dari adanya jentik nyamuk yang ada di genangan air bersih, sehingga pihaknya akan terus berupaya untuk memastikan agar air yang tergenang tersebut bisa dicegah dengan gerakan PSN.

"DBD itu biasanya menyebar di sejumlah wilayah yang padat dengan permukiman warga," katanya.

DBD Renggut Nyawa Bocah 5 Tahun di Cimahi, Tak Tertolong Meski Sudah Dirawat di ICU

Setiap Kelurahan di Kota Cimahi Rawan DBD

 




Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved