Soal Wacana Penutupan Bandara Husein Sastranegara, Pakar Penerbangan Alvin Lie: Jangan Kalap

Pakar Penerbangan Alvin Lie menanggapi wacana penutupan penerbangan Internasional dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.

Soal Wacana Penutupan Bandara Husein Sastranegara, Pakar Penerbangan Alvin Lie: Jangan Kalap
Tribun Jabar/Ery Candra
Suasana di landas pacu Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Pakar Penerbangan Alvin Lie menanggapi wacana penutupan penerbangan Internasional dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.

Rencananya, penerbangan dari dan ke Bandara Husein Sastranegara dialihkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka.

Alvin Lie mengatakan wacana yang semula dilontarkan anggota Komisi III DPRD Jabar adalah perencanaan yang belum matang.

Menurut Alvin Lie, semestinya para pembuat kebijakan berfikir ulang dengan kepala dingin dan logika perencanaan secara komperehensif.

"Jangan kalap. Kalau untuk menghidupi Kertajati harus menutup Husein ibaratnya ingin melahirkan anak satu harus membunuh anak lain,"ujar Alvin Lie saat dihubungi melalui ponselnya, di Kota Bandung, Minggu (13/1/2019).

Ini Jadwal Penerbangan Maskapai Lion Air di BIJB Kertajati, ke Jakarta, Yogyakarta, dan Balikpapan

Lion Air Targetkan Rute Baru dari Kertajati Pertengahan Tahun Ini, Prioritas ke Denpasar & Palembang

Alvin Lie menilai Kota Bandung akan pincang jika tak punya bandara padahal statusnya sebagai ibu kota Jawa Barat dan pusat pemerintahan.

Wacana penutupan Bandara Husein Sastranegara, ucapnya, makin tak bijak jika alasannya hanya karena ingin menghidupkan bandara lain.

"Lagi pula jarak Bandung dan Kertajati tidak dekat. Warga Bandung juga memiliki kebutuhan terhadap Bandara Husein. (Jika Bandara Husein ditutup) Tidak serta merta warga Bandung ke Kertajati. Atau malah ke Soekarno Hatta atau Halim Perdana Kusuma," ujar Alvin Lie.

Bahkan, ia menilai dua bandara di Jabar itu terancam mati apabila Bandara Husein Sastranegara sementara Bandara Kertajati tak dioperasikan secara maksimal.

Dari informasi yang dihimpun Tribun Jabar, anggota Komisi III DPRD Jawa Barat Eryani Sulam, berharap supaya Bandara Husein Sastranegara ditutup.

Tujuannya agar penerbangan beralih ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Sejak diresmikan Mei 2018, BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka diklaim sepi peminat.

Penulis: Ery Chandra
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved