Breaking News:

Menelusuri Jalan Riau di Bandung yang Kini Jadi Jalan R E Martadinata, Kesan Kawasan Tua Hilang

Jalan L.L.R.E Martadinata atau Jalan Riau diambil dari nama Laksamana Laut Raden Edi Martadinata, yakni seorang mantan Menteri Angkatan Laut Indonesia

Penulis: Hilda Rubiah | Editor: Kisdiantoro
Tribun Jabar/Hilda Rubiah
Papan Nama Jalan L.L.R.E Martadinata atau Jalan Riau persimpangan taman Pramuka Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga Bandung sudah tahukan kisah pergantian nama Jalan Riau menjadi Jalan R E Martadinata Kota Bandung.

Zaman dahulu, untuk mempermudah pemetaan lokasi, maka nama-nama jalan di Bandung diambil berdasarkan klasifikasi kelompok nama-nama sejenis dari nama kawasan peta daerah atau pulau di nusantara Indonesia.

Satu di antaranya adalah Jalan Riau yang mengambil nama sebuah daerah dari pulau Sumatera di Indonesia.

Begitupun juga di sekelilingnya menggunakan nama daerah lain yang, semisal Jalan Sumatera, Jalan Aceh, Jalan Banda, Jalan Sumbawa, Jalan Lombok, dan sebagainya.

Namun seiring berjalannya waktu hingga perubahan, kini nama Jalan Riau telah berganti nama menjadi Jalan L.L.R.E Martadinata, atau singkatnya Jalan R E Martadinata.

L.L.R.E Martadinata diambil dari nama seorang Laksamana Laut Raden Edi Martadinata, yakni seorang mantan Menteri Angkatan Laut Republik Indonesia yang mendapat 12 bintang perhargaan.

Jalan Riau Kota Bandung, Pusat Fashion dan Kuliner yang Dipenuhi Sejumlah Hotel dan Restoran

Lokasi Jalan Riau cukup panjang, berjarak tempuh sekira 3 kilo meter mulai dari perpotongan Jalan Jendral Ahmad Yani, hingga perpotongan Jalan Wastukencana.

Ada yang spesial dari Jalan R E Martadinata ini, saat memasuki jalan tampak sebuah bangunan putih berdiri tegak terlihat dari arah perempatan Jalan Gatot Subroto dan perpotongan Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Bangunan putih tersebut merupakan titik gerbang tanda jika Anda telah memasuki kawasan Kota Lama Bandung.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved