Menjelang Natal dan Tahun Baru, Tiket Kereta Api Masih Banyak, PT KAI: Okupansi di Bawah 50 Persen

Menjelang masa Angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, masih banyak tiket kereta api yang tersedia.

Menjelang Natal dan Tahun Baru, Tiket Kereta Api Masih Banyak, PT KAI: Okupansi di Bawah 50 Persen
DOKUMENTASI TRIBUNNEWS
tiket kereta api 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menjelang masa Angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, masih banyak tiket kereta api yang tersedia.

Okupansi saat ini rata-rata masih di bawah 50 persen.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan, sampai saat ini pemesanan untuk masa liburan Natal dan Tahun Baru belum begitu meningkat.

“Rata-rata okupansinya masih di bawah 50 persen,” kata Joni di Bandung, Senin (12/11/2018).

Menurutnya, peningkatan biasanya terjadi mendekati liburan Natal dan Tahun Baru. Untuk menghindari kehabisan tiket, pihaknyaberpesan agar masyarakat melakukan pemesanan jauh hari sebelumnya.

“Pemesanan tiket kan sudah bisa dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan, jadi masyarakat bisa melakukan pemesanan jauh hari sebelumnya sehingga rencana liburan Natal dan akhir tahun bisa berjalan lancar,” kata Joni.

Disinggung mengenai persiapan untuk Angkutan Natal dan Tahun Baru, Joni mengatakan, PT KAI selalu memeriksa dan menyiapkan kondisi sarana dan prasarana.

Sampai saat ini belum ada persiapan khusus menjelang masa angkutan tersebut. Namun seperti tahun-tahun sebelumnya selalu akan ada penambahan petugas pemeriksa jalan, penjaga daerah rawan, dan penjaga lintasan kereta api.

Pada angkutan Natal tahun 2017 dan Tahun Baru 2018, PT KAI Daop 2 mengoperasikan 3 kereta tambahan yaitu KA Lodaya Pagi, Lodaya Malam, dan Pasundan.

Untuk jumlah tempat duduk yang tersedia selama masa Angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 pun, Daop 2 belum bisa memastikan adanya penambahan.

"Namun jika merujuk pada masa Angkutan Lebaran 2018, Daop 2 menyediakan sekitar 62 ribu seat perharinya," katanya.

Untuk memudahkan pemesanan tiket, masayarakat bisa mengunduh aplikasi KAI Access dari playstore atau appstore. Dengan aplikasi ini, penumpang bisa langsung mendapatkan e-boarding sehingga tidak perlu lagi mencetak tiket karena sudah langsung mendapatkan barcode yang bisa dijadikan boarding pass dan ditunjukkan ke petugas saat akan berangkat menggunakan kereta. 

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved