Feature

Begini Aksi Dodi Setiadi 'Menyulap' Tanaman Kelapa Menjadi Pohon Berukuran Mini [VIDEO]

MENGEJUTKANNYA tanaman ini pun mulai digemari oleh para pencinta bonsai di Indonesia...

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Bagi sebagian orang, pohon kelapa mungkin dibayangkan adalah sebuah tanaman menjulang tinggi yang banyak tumbuh di pesisir pantai.

Ditangan Dodi Setiadi (40) warga Desa Cisempur, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, pohon kelapa justru mampu hidup di dalam sebuah pot kecil.

Ditangan terampil Dodi pula tanaman bernama latin cocos nucifera, 'disulap' menjadi tanaman kerdil atau yang biasa disebut bonsai, mengejutkannya tanaman ini pun mulai digemari oleh para pencinta bonsai di Indonesia.

Awal mula menekuni dunia bonsai ini, pada 2017, Dodi tak sengaja berselancar di internet lalu menemukan sebuah laman tentang bonsai, kemudian ia membaca isi laman tersebut secara detail.

Setelah membaca laman tentang bonsai di internet, Dodi pun sempat dibuat dibingung, lantaran, pohon kelapa yang memiliki tinggi hingga 30 meter, bisa dikerdilkan menjadi tidak lebih dari 50 centimeter.

"Di situ saya bingung, kemudian menghayal apakah benar bisa menjadi bonsai," ujar Dodi saat ditemui di kediamannya di Dusun Cisempur RT 1/9, Desa Cisempur, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Senin (12/11/2018). (*)

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved