Sampah

Sungai Kering di Ibun Jadi Tempat Pembuangan Sampah Liar [VIDEO]

TUMPUKAN sampah sungai kering tersebut, memiliki ketinggian sekitar dua-tiga meter dari permukaan tanah...

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG-"Kira - kira ada sampah itu mulai 15 tahun lalu, pertama ada sampah itu sangat sedikit, tetapi sekarang sudah seperti gunung," kata Memet, warga Kampung Paseh kepada Tribun Jabar di lokasi TPS liar Kampung Paseh, Kecamatan Ibun, Selasa (23/10/2018).

Sungai kering di Kampung Paseh, Desa Ibun, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, kondisinya semakin mengkhawatirkan, dimanfaatkan oleh warga sekitar menjadi tempat pembuangan sampah (TPS) liar.

Dari pantauan Tribun Jabar, Selasa (23/10/2018), tumpukan sampah sungai kering tersebut, memiliki ketinggian sekitar dua-tiga meter dari permukaan tanah dan menimbulkan bau tidak sedap, yang dirasakan oleh warga setiap harinya.

Menganggu kenyamanan warga sekitar, tumpukan sampah di saluran itu berupa sampah plastik rumah tangga, limbah medis, dan sampah kain.

Memet (80), warga Kampung Paseh, mengatakan, sebelum menjadi TPS liar, sungai kering ini menjadi tempat penampungan air dari sungai besar di Ibun untuk keperluan pertanian, tapi semenjak tidak menampung air, warga mulai memanfaatkan menjadi tempat pembuangan sampah. (*)

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved