Kampus

Kenalkan Bisnis Online, Mahasiswa UNLA Dorong Warga Desa Jatiluhur Menjadi Pengusaha

Tujuan pelatihan kewirausahaan itu untuk mendorong masyarakat setempat menjadi wirausaha dan mampu memasarkan produk unggulannya.

Kenalkan Bisnis Online, Mahasiswa UNLA Dorong Warga Desa Jatiluhur Menjadi Pengusaha
Istimewa
Sejumlah mahasiswa Universitas Langlangbuana (UNLA) yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) menggelar pelatihan kewirausahaan bertema Pengenalan dan Pengembangan UMKM dan Bisnis Online, Kamis (23/8/2018), di Balai Desa Jatiluhur Jalan Ir. H. Juanda, Jatiluhur, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah mahasiswa Universitas Langlangbuana (UNLA) yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) menggelar pelatihan kewirausahaan bertema Pengenalan dan Pengembangan UMKM dan Bisnis Online, Kamis (23/8/2018), di Balai Desa Jatiluhur Jalan Ir. H. Juanda, Jatiluhur, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Tujuan pelatihan kewirausahaan itu untuk mendorong masyarakat setempat menjadi wirausaha dan mampu memasarkan produk unggulannya.

Sebagai pembicara dalam pelatihan tersebut antara lain, Ervan Radian dan Yudha Triansyah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Langlangbuana, Reinaldy Ramadhan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Langlangbuana yang juga pengusaha di bidang fesyen, serta Misbah, salah satu pengusaha muda yang berasal dari Desa Jatiluhur.

Masyarakat di Jatiluhur Purwakarta, kata Ahmad Zakiyuddin, Dosen Pembimbing Lapangan KKNM Universitas Langlangbuana, seperti tertulis dalam rilis yang diterima Tribunjabar.id, Jumat (24/8/2018), sangat antusias mengikuti kegiatan.

Jungkir Balik Nasib Zumi Zola, Jejaknya Tak Bisa Diremehkan tapi Kini Justru Diujung Tanduk

Menurutnya, semua rangkaian acara dari mulai narasumber dan proses pembinaan usaha kecil menengah di Desa Jatiluhur dilaksanakan oleh mahasiswa KKNM Universitas Langlangbuana.

Dalam makalahnya, Yudha menjelaskan tentang peluang bisnis dan usaha kecil menengah yang bisa dikembangkan di Desa Jatiluhur, salah satu yang menjadi sorotannya adalah memaksimalkan potensi desa yang ada di Jatiluhur yaitu pengolahan pisang dan limbah kain dari perusahaan textile untuk dijadikan barang-barang yang bernilai ekomonis yang ada di Desa Jatiluhur.

Sementara Ervan menjelaskan tentang bagaimana memasarkan produk-produk unggulan Desa Jatiluhur melalui Media Sosial.

SMP Istiqamah Bandung Juara Lomba Mobil Mini Hidrogen Lego di Bandung

Pembicara lainnya yaitu Misbah menjelaskan tips dan trik bagaimana cara untuk memulai usaha baru. Serta Reinaldy Ramadhan membagi pengalamannya kepada warga yang hadir bagaimana memulai usaha dan mengembangkan usaha. Dia menceritakan bagaimana mendapatkan keuntungan yang cukup besar dengan bermodalkan sosial media.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian program kerja yang digagas oleh kelompok 15 KKNM Universitas Langlangbuana di Desa Jatiluhur selama 40 hari.

Andi Arief Mesti Berani Buktikan Tudingan Soal Mahar Politik, Pengamat: Bahaya Kalau Tak Dilanjutkan

Kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan antara lain lokakarya awal sebagai identifikasi dan verifikasi potensi desa, serta pemberdayaan pemuda untuk berperan aktif dalam pembangunan Desa Jatiluhur yang kreatif dan memiliki nilai edukasi.

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved