Pileg 2019

Mundur dari Pileg dan Dikaitkan Posisi Cawagub DKI, Ini Jawaban Aher

Ahmad Heryawan menyatakan pengunduran dirinya dari pencalonan anggota DPR RI di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 tidak berkaitan dengan peluang dirin

Mundur dari Pileg dan Dikaitkan Posisi Cawagub DKI, Ini Jawaban Aher
theofilus richard/tribun jabar
Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan alias Aher, dan istrinya, Netty Prasetyani, berfoto bersama warga di Lapangan Gasibu, Jumat (15/6/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ahmad Heryawan menyatakan pengunduran dirinya dari pencalonan anggota DPR RI di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 tidak berkaitan dengan peluang dirinya menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, menggantikan Sandiaga Uno.

Gubernur ke-15 Jawa Barat itu mengatakan bahwa keikutsertaannya dalam Pileg 2019 adalah perintah partainya, PKS. Kemudian pria yang akrab disapa Aher ini menurutinya dengan mengumpulkan berbagai berkas untuk pendaftaran.

Pada Selasa malam (31/7/2018), Aher dihubungi oleh Wasekjen DPP PKS, Abdul Hakim, untuk mengundurkan diri dari pencalonan Pileg 2019.

Alasannya saat itu, ada penugasan khusus dari DPP PKS untuknya.

Aher mengatakan penugasan yang dimaksud saat itu berkaitan dengan Pilpres 2019, saat dirinya berpeluang menjadi calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto.

Pasal Ini yang Mungkin Dikenakan Kepada Ustaz Evie Effendi

Kisah Si Atlet Kembar Lena-Leni, Cari Sepatu Bekas dari Tumpukan Sampah untuk Latihan Sepak Takraw

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melarang bakal calon legislatif merangkap sebagai bakal calon presiden atau wakil presiden.

"Bisa jadi dalam rangka itu (ditunjuk jadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo). Saat itu kan masih ada kemungkinan kader PKS maju jadi cawapres," kata Aher di rumah kontrakannya di Kecamatan Hegarmanah, Senin malam (13/8/2018).

Namun, kata Aher, momentum tersebut telah berakhir dan Aher tidak menjadi calon wakil presiden, maupun calon legislatif. Pasalnya, Prabowo bersama partai koalisi sepakat memilih Sandiaga Uno sebagai cawapres.

Aher mengatakan dirinya enggan berandai-andai jika ditugaskan sebagai calon wakil gubernur pengganti Sandiaga Uno. Ia mengaku tidak mengetahui rencana atau kemungkinan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved