Pilgub Jabar 2018

Pengamat Politik Asep Warlan: Kesuksesan Pilgub Jabar 2018 Bertumpu pada 4 Isu Menentukan

pilihan masyarakat Jawa Barat pada hari ini, 27 Juni 2018, pun menentukan wajah Jawa Barat lima tahun ke depan.

Pengamat Politik Asep Warlan: Kesuksesan Pilgub Jabar 2018 Bertumpu pada 4 Isu Menentukan
www.kpu.go.id
Asep Warlan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Pakar politik dan ilmu pemerintahan, Asep Warlan Yusuf, mengatakan keempat pasangan kandidat Pilgub Jabar 2018 punya karakter dan arah pembangunan yang berbeda-beda.

Guru Besar Universitas Katolik Parahyangan ini mengatakan pilihan masyarakat Jawa Barat pada hari ini, 27 Juni 2018, pun menentukan wajah Jawa Barat lima tahun ke depan.

Asep mencontohkan pasangan nomor urut 1, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu), memiliki warna kepemimpinan yang diliputi kreativitas dan inovasi.

Di bawah kepemimpinan Rindu, kata Asep, Jawa Barat dapat menjadi daerah moderen.


"Pasangan ini menekankan Jawa Barat harus memiliki daya saing, kreativitas, dan inovasi. (Tapi) apakah programmnya mampu diterapkan untuk kawasan pinggiran, perdesaan, atau Jabar Selatan, belum tahu," kata Asep Warlan Yusuf saat dihubungi, Selasa (26/6/2018).

Pasangan nomor urut dua, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan, kata Asep Warlan, memiliki program yang konvensional dan mempertahankan nilai-nilai lama yang baik tapi menyentuh kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat.

"Programnya menyentuh masyarakat menengah ke bawah, wong cilik. Masyarakat yang termarjinalkan dilayani. Kepemimpinannya akan mengarahkan Jawa Barat pada kebhinnekaan, itu yang akan difokuskan," katanya.

Pasangan nomor urut tiga, Sudrajat-Ahmad Syaikhu akan melanjutkan warna kepemimpinan gubernur sebelumnya, Ahmad Heryawan, di Jawa Barat. 

Baca: KPU Kabupaten Cirebon Musnahkan 5.790 Surat Suara Pilbup

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved