Yuk Cicipi Dodol Rasa Ketan Hitam, Rasanya Unik dan Pecah di Lidah

dodol rasa ketan hitam ini, Amal dapatkan ketan tersebut langsung dari petani lokal di Kabupaten Garut.

Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Proses pembuatan dodol ketan hitam di pabrik dodol Bestory di Jalan raya Garut - Bayongbong, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Mengisi waktu libur panjang akhir pekan, tidak lengkap rasanya bila tidak mencicipi dan memboyong kudapan khasnya yang begitu melegenda, yakni dodol Garut.

Saat berada di Garut, wisatawan akan banyak menjumpai banyak gerai kudapan berbahan dasar tepung ketan yang dicampur dengan gula pasir, gula merah, dan santan kelapa ini, tak ayal jika daerah ini disebut kota dodol.

Salah satu produsen dodol yang cukup terkenal di kabupaten tersebut, yakni dodol Bestory yang berada di Jalan raya Garut - Bayongbong, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Produsen dodol yang sudah ada sejak 2003 ini, menawarkan berbagai macam varian, yakni dodol klasik, dodol strawberry, dodol durian, dodol cokelat, dodol wijen, dodol pedas, bahkan dodol rasa ketan hitam.

Untuk bisa menikmati kudapan manis ini, pembeli tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena setiap bungkus dodol tersebut memiliki harga Rp 12 ribu sampai Rp 20 ribu.

Pemilik dodol Bestory, Amal Rasyid, mengatakan, yang membedakan produknya ini dengan dodol lain yakni, dari segi kualita, rasa dan kebersihannya selama proses produksi berlangsung.

Baca: Kunjungi Garut, Agus Harimurti Yudhoyono Puji Kuliner dan Tukang Cukur di Kota Dodol

"Seperti contoh, satu-satunya produsen dodol yang mampu memproduksi rasa ketan hitam cuma kami saja," kata Amal kepada Tribun Jabar di di Jalan raya Garut - Bayongbong, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jum'at (30/3/2018).

Amal pun mengatakan, untuk dodol rasa ketan hitam ini, ia dapatkan ketan tersebut langsung dari petani lokal di Kabupaten Garut.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Isal Mawardi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved