Komunitas Indieplays Bantu Alihkan Anak-anak dari Gadget ke Permainan Sederhana

"Bikin kincir, kipas, dan selama ini semua anak-anak bikin sendiri bisa apabila diajarin. Tadi juga bikin gantung kunci sendiri," katanya.

Komunitas Indieplays Bantu Alihkan Anak-anak dari Gadget ke Permainan Sederhana
Tribun Jabar/Ery Candra
Founder Komunitas IndiePlays, Fanny Fitriana (mengenakan pakaian warna pink dan kerudung motif garis-garis), di Landmark, Jalan Braga, Kota Bandung, Selasa (6/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Zaman serba canggih dengan hadirnya berbagai teknologi ini kerap membuat anak-anak tak mau lepas dari gadget.

Kondisi tersebut menjadi suatu kekhawatiran tersendiri bagi orang tua tapi ada beberapa cara membuat anak lupa dengan gadget, satu di antaranya bermain melalui Komunitas IndiePlays.

Komunitas Indieplays selalu menekankan pentingnya bermain bagi anak dan membiarkan anak-anak berkreasi dengan berbagai mainan sederhana.

Founder Komunitas IndiePlays, Fanny Fitriana (33), mengatakan Komunitas IndiePlays adalah komunitas bermain di tengah situasi para orangtua rata-rata memiliki banyak pekerjaan dan jarang bertemu dengan anak-anak mereka.


"Kalau main gadget tanpa disuruh juga mereka sudah main dengan itu. Kami ngasih alternatif pada orang tua bahwa bermain tidak harus mahal dan saat weekend. Bisa kapan saja bahkan tanpa biaya dan di rumah juga bisa," ujar Fanny, di Landmark, Jalan Braga, Kota Bandung, Selasa (6/3/2018).

Fanny Fitriana menceritkan awal mula tercetus ide berdirinya komunitas tersebut pada tahun 2015 secara tidak sengaja dari family project. Saat itu, banyak mainan bekas milik anaknya saat masih kecil.

"Kalau dijual hanya sekali dapat uang. Saya deal-deal-an sama anak saya untuk memberikan kepada anak-anak siapa saja dengan membuka lapak untuk bermain dengan mainan tersebut," ujar dia.

Fanny Fitriana mengatakan kegiatan yang dilakukan pada hari ini adalah berbentuk mengajak anak-anak bermain melalui cara demo crafting serta memberitahukan cara bermain sederhana kepada anak-anak.

Halaman
12
Penulis: Ery Chandra
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved