Ada Empat Tahap Daur Ulang Sampah Plastik Jadi Biji Plastik

Untuk dapat melakukan bisnis daur ulang sampah plastik tersebut, berikut empat tahan untuk mendaur ulang sampah bekas botol dan gelas plastik :

Ada Empat Tahap Daur Ulang Sampah Plastik Jadi Biji Plastik
TRIBUNJABAR.CO.ID/HILMAN KAMALUDIN
Proses penjemuran daur ulang sampah plastik kemasan di Jalan Soekarno Hatta, Kampung Parakan Saat 1 no 9A, RT 01 RW 01, Kelurahan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Sampah botol dan gelas plastik bisa didaur ulang dan ternyata bisa menghasilkan uang serta jadi sumber bisnis. 

Seperti yang terjadi di Jalan Soekarno Hatta, Kampung Parakan Saat 1 no 9A, RT 01 RW 01, Kelurahan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung.

Usaha daur ulang sampah plastik di tempat itu kini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu Karyawan CV Mitra Mandiri, Ucu Sukmana.


"Berkat adanya usaha ini, masyarakat di sini ekonominya lumayan bisa terbantu," ujar Ucu Sukmana Kepada TribunJabar.co.id, di pabriknya, Senin (7/8/2017).

Untuk dapat melakukan bisnis daur ulang sampah plastik tersebut, berikut empat tahan untuk mendaur ulang sampah bekas botol dan gelas plastik :

1.Pengumpulan botol atau gelas plastik

Botol atau gelas plastik dikumpulkan dari pemulung yang setiap harinya disetorkan dan dibayar per kilogram dan dihargai Rp 5.000 per kilogram, sedangkan untuk plastik bekas mainan, bekas botol shampoo, ember, serta toples bekas kue, seharga Rp 2000 per kilogram. 

2. Penyortiran

Penyortiran dilakukan setelah sampah botol dan gelas plastik dikumpulkan lalu dipisahkan supaya warna tidak tercampur saat proses penggilingan.

Baca: BBPOM Bandung Tegaskan Dumolid Berbahaya, Ini Efek Sampingnya

3. Penggilingan

Setelah itu dilakukan penyortiran lalu dilakukan proses penggilingan menggunakan mesin perajang supaya sampah plastik menjadi bentuk ukuran kecil atau dikenal dengan sebutan biji plastik. 

Sampah kemasan plastik tersebut dimasukan ke dalan mesin dengan campuran air bersih supaya menjadi sampah yang lembut dan bersih.

Baca: Persib Bandung Gagal Kontrak Erivelto, Ini Penyebabnya

4. Penjemuran

Penjemuran dilakukan setelah proses penggilingan dan bekas sampah botol plastik tersebut harus sudah menjadi biji plastik yang bersih.

Biji plastik tersebut dijemur kurang lebih selama 7 jam hingga 8 jam.

Itulah empat tahap cara mendaur ulang sampah plastik.(*)

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved