PPDB Jawa Barat

Nama Anaknya Hilang, Orangtua Siswa Geruduk Kantor Disdik Jabar

Beberapa orang tua siswa di tingkat SMA/SMK mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. . .

Penulis: Cipta Permana | Editor: Fauzie Pradita Abbas
Tribun Jabar/Cipta Permana
Para orang tua yang merasa dirugikan karena nama anaknya hilang dari daftar PPDB Online tingkat SMA datangi Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Jalan Dr Rajiman Nomor 6, Kota Bandung, Senin (10/7/2017). 

Laporan Wartawan Triibun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Beberapa orang tua siswa di tingkat SMA/SMK mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Senin (10/7).

Mereka mengeluhkan terkait hilangnya nama-nama anak mereka dalam daftar sistem PPDB Online Jawa Barat. Padahal sebelumnya nama anak mereka tertera di sistem tersebut dengan nilai passing grade diatas nilai terendah.

Salah satu orang tua siswa, Villia Erlinda (43) warga Kota Bandung mengaku sudah mendatangi dinas Pendidikan Jawa Barat selama dua hari berturut-turut, sejak Minggu (9/7) untuk mengeluhkan kondisi anaknya yang hilang dari daftar peserta didik di SMAN 12 Bandung dalam web PPDB Jabar. 

Padahal menurutnya saat melakukan pengecekan pada sabtu (8/7) siang, nama anaknya masih tertera dengan nilai passing grade diatas nilai terendah di SMA tersebut.

Dia menjelaskan kronologis masalahnya mulai muncul saat Sabtu (8/7) malam tiba-tiba web PPDB Jabar tidak dapat diakses selama beberapa saat, namun setelah dapat kembali di akses, nama anaknya justru hilang dalam daftar.

"Karena saya bingung, saya tanyakan ke sekolah dan kemudian kesini (Disdik Jabar) pas Minggu (9/7) untuk mencari tahu ada apa ini.  Saya pun diminta menunggu hingga jam dua belas malam, tapi keadaannya tidak berubah,  makannya hari ini saya dan beberapa orang tua lain yang mengalami hal sama datang (lagi) kesini," ujarnya saat ditemui Tribun di pelataran Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Dr Rajiman Nomor 6, Kota Bandung, Senin (10/7).

Sementara Itu Kabid Pendidikan Menengah Umum (PMU) Dinas Pendidikan Provinsi Jabar Dadang Rahman Munandar saat di konfirmasi menyebutkan bahwa beberapa waktu lalu server PPDB online SMA Jawa Barat sempat terdapat masalah saat pihaknya mencoba menampilkan keterangan jarak antara jarak sekolah dengan domisi tempat tinggal siswa yang bersangkutan.

Namun masalah tersebut sudah teratasi dan pengumuman PPDB Jabar akan dilakukan pada Senin (10/7/2017) siang.

"Memang kemarin sempat ada kendalax tapi sudah di perbaiki segera, jadi untuk warga Jabar dimohon bersabar karena kemarin masih data sementara. Pengumuman resmi baru akan kami munculkan pada hari ini jam 14.00 WIB," ujarnya kepada Tribun di lokasi yang sama.

Dadang menyebutkan, sebenarnya meskipun nama siswa hilang dari daftar PPDB online, namun bukan berarti ia tidak diterima, terutama jika siswa itu memiliki passing grade diatas nilai terendah sekolah yang didaftarkan.

“Kami pastikan bahwa setiap siswa tidak akan dirugikan, selama tidak curang selama skornya lebih tinggi dari yang ditetapkan sekolah maka siswa tersebut tetap diterima,” tegas Dadang.

Untuk memastikan hal tersebut, kata Dadang, para orangtua, kata bisa mengecek secara langsung dengan mendatangi sekolah yang dituju dan menunjukkan bukti pendaftarannya dan juga nilai passing grade siswa. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved