Arus Balik Lebaran 2017

Prediksi Meleset, Tak Ada Penumpukan Arus Balik, Nagreg Siang Ini Ramai Lancar

Habis maghrib kemarin sempat terjadi kepadatan, namun tidak terjadi kemacetan hanya perlambatan saja dari arah Limbangan hingga keluar Lingkar Nagreg

Prediksi Meleset, Tak Ada Penumpukan Arus Balik, Nagreg Siang Ini Ramai Lancar
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Jalur selatan Nagreg Kabupaten Bandung terpantau ramai lancar sejak tadi pagi hingga menjelang siang. Hari ini dipreriksi puncak arus balik lebaran 2017, Minggu (02/07). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.CO.ID, NAGREG - Hingga H+5 arus balik lebaran kemarin jalur selatan Nagreg hanya dilalui kendaraan kurang dari 100 ribu kendaraan. Padahal sebelumnya hari Sabtu dan Minggu ini diprediksi menjadi puncak arus balik lebaran.

Berdasarkan data Posko Induk Pengawasan Angkutan Lebaran Nagreg Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung jumlah kendaraan yang melintas di Jalan Raya Nagreg dari arah Timur (Garut/Tasik) ke Barat (Bandung/Jakarta) Sabtu (01/07) kemarin jumlah kendaraan hanya mencapai 99.033 unit kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Sementara kendaraan dari arah Barat ke Timur sendiri jumlah kendaraan hanya mencapai 55.920 unit kendaraan. Hari Sabtu dan Minggu yang digadang-gadang menjadi puncak arus balik ini,  hingga Sabtu kemarin jumlah kendaraan justru menurun dibandung hari Jumat yang mencapai 100.164 unit kendaraan.

Koordinator Posko Pengamana Kabupaten Bandung sekaligus Kepala Seksi Rekayasa Lalulintas Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Isnuri Winarto mengatakan hingga malam kemarin sempat terjadi kepadatan arus lalulintas di Jalan Raya Nagreg  sehingga pihaknya bersama pihak kepolisian memberlakukan satu arah (one way).

"Habis maghrib kemarin sempat terjadi kepadatan, namun tidak terjadi kemacetan hanya perlambatan saja dari arah Limbangan hingga keluar Lingkar Nagreg," tuturnya di Posko Induk Nagreg, Minggu (02/07).

Menurut pantauanya kepala antrean kendaraan hingga mencapai Linud Yonif 330 Nagreg. Oleh karena itu pihak kepolisian bersama pihaknya melakuakan rekayasan lalulintas dengan memberlakukan satu arah. Hal tersebut otomatis berdampak pada arus kendaraan dari Cileunyi mengarah Nagreg dan diberlakukan buka tutup selama hampir satu jam.

"Begitu keluar Lingkar Nagreg banyak kendaraan yang berhenti untuk istirahat dan membeli oleh-oleh, jadi terjadi kepadatan kendaraan di sana," ujarnya.

Menurut pantauan Tribun dari pagi hingga siang tadi situasi dan kondisi lalulintas pada arus balik kali ini terpantau ramai lancar. Jalur selatan Nagreg ini mulai terpantau ramai dan terdapat peningkatan volume kendaraan  dibanding hari kemarin.

Dari data Posko Induk Pengawasan Angkutan Lebaran Nagreg Dinas Perhubungan hingga pukul 08.00 tercatat ada 21.465 kendaraan yang sudah melintas dari timur ke barat. Sebaliknya ada 10.108 kendaraan yang melintas dari barat ke timur.

"Arus balik kali ini banyak pemudik yang menyicil untuk kembali ke kota enggak bareng seperti arus mudik. Ada yang masuk kerja Kamis-Jumat ada juga yang Senin besok terutama PNS," tuturnya.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved